Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Malas Bersihkan Kerikil Kecil yang Nyelip di Ban

Maka dari itu, mobil rentan alami berbagai masalah pada beberapa komponen. Agar stamina mobil tetap terjaga, pemilik kendaran wajib memeriksa dan memelihara kesehatan mobil usai libur Lebaran.

Ban mobil menjadi satu-satunya bagian yang selalu bersentuhan dengan permukaan jalan. Maka dari itu, ban mobil membutuhkan perawatan secara berkala guna menjaga kondisinya agar tetap prima dan dapat berfungsi dengan optimal.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal mengatakan jika ada beberapa hal yang harus dilakukan pemilik mobil saat merawat ban mobilnya.

“Cek rutin kerusakan ban, misalkan ada bagian yang sobek. Kemudian periksa juga benda-benda kecil seperti batu yang menempel pada telapak ban, sebisa mungkin agar dibersihkan,” kata Zulpata kepada Kompas.com.

Jika dibiarkan, benda-benda tersebut akan menyebabkan kerusakan pada permukaan ban.
Selanjutnya adalah menjaga tekanan udara dalam ban.

Lakukan pemeriksaan tekanan udara pada ban untuk memastikan agar tekanan ban tetap sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Yang terakhir adalah melakukan penyemiran pada ban. Tindakan ini jadi salah satu cara dalam merawat ban. Selain terlihat bersih, menyemir ban bisa menjaga keawetan permukaan ban.

“Saat menyemir gunakan semir khusus untuk agar ban selalu kelihatan bersih dan hitam. Ini juga untuk mencegah guratan-guratan halus pada dinding ban akibat ozon crack,” kata Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/10/182100715/jangan-malas-bersihkan-kerikil-kecil-yang-nyelip-di-ban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke