Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik, Ribuan Penumpang Bus Tiba di Pulo Gebang Awal Pekan Ini

Kompas.com - 10/05/2022, 14:01 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang (TTPG) Hendra Kurniawan menjelaskan, per Senin (9/5/2022) dini hari hingga pukul 14.00 WIB tercatat penumpang arus balik ada 2.171 orang.

Hendra memprediksi, pergerakan arus balik masih akan terjadi hingga Kamis (12/5/2022) mendatang sebagai imbas dari imbauan pemerintah untuk pelaksanaan work from home (WFH) dan perpanjangan libur sekolah.

Kemudian, ada juga imbauan dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah agar pekerja yang mudik Lebaran bisa bekerja dari rumah untuk mengurai kemacetan arus balik.

Baca juga: Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Masih Tinggi

"Apalagi ada imbauan dari pemerintah untuk pelaksanaan WFH dan perpanjangan libur anak sekolah, itu kemungkinan untuk arus balik masih tercatat hingga tanggal 12 Mei 2022," ucap Hendra seperti dikutip Antara, Senin (9/5/2022).

Kebijakan perpanjangan libur sekolah diatur oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta melalui Surat Edaran Nomor 13504/1.851 tentang Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022, menyebutkan libur sekolah semua jenjang baik negeri maupun swasta berlangsung hingga 11 Mei 2022.

Dua kebijakan ini, menurut Hendra berpotensi untuk mempengaruhi tren arus balik di TTPG.

Para pemudik tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, pada Senin (9/5/2022) siang.KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Para pemudik tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, pada Senin (9/5/2022) siang.

Walaupun sudah memasuki arus balik, Hendra mengatakan masih ada penumpang yang berangkat dari terminal untuk mudik bahkan hingga H+3 Lebaran.

"Itu (Lebaran sampai setelah Lebaran) masih banyak yang berangkat dari sini karena mungkin alasan mereka untuk menghindari kemacetan," ucap Hendra.

Baca juga: Video Truk Berhenti karena Pengemudi Tidur, Bikin Macet Jalan Raya

Pada tanggal 2-5 Mei 2022 atau H1 dan H+2 Lebaran, ada tern kenaikan jumlah penumpang keberangkatan, yaitu 917 penumpang pada H1 Lebaran dan 1.578 penumpang pada H+2 Lebaran.

Angka ini kemudian menurun pada H+3 Lebaran, yaitu tercatat ada sebanyak 917 penumpang yang berangkat mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com