Arus Balik, Ribuan Penumpang Bus Tiba di Pulo Gebang Awal Pekan Ini

Kompas.com - 10/05/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang (TTPG) Hendra Kurniawan menjelaskan, per Senin (9/5/2022) dini hari hingga pukul 14.00 WIB tercatat penumpang arus balik ada 2.171 orang.

Hendra memprediksi, pergerakan arus balik masih akan terjadi hingga Kamis (12/5/2022) mendatang sebagai imbas dari imbauan pemerintah untuk pelaksanaan work from home (WFH) dan perpanjangan libur sekolah.

Kemudian, ada juga imbauan dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah agar pekerja yang mudik Lebaran bisa bekerja dari rumah untuk mengurai kemacetan arus balik.

Baca juga: Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Masih Tinggi

"Apalagi ada imbauan dari pemerintah untuk pelaksanaan WFH dan perpanjangan libur anak sekolah, itu kemungkinan untuk arus balik masih tercatat hingga tanggal 12 Mei 2022," ucap Hendra seperti dikutip Antara, Senin (9/5/2022).

Kebijakan perpanjangan libur sekolah diatur oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta melalui Surat Edaran Nomor 13504/1.851 tentang Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022, menyebutkan libur sekolah semua jenjang baik negeri maupun swasta berlangsung hingga 11 Mei 2022.

Dua kebijakan ini, menurut Hendra berpotensi untuk mempengaruhi tren arus balik di TTPG.

Para pemudik tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, pada Senin (9/5/2022) siang.KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Para pemudik tiba di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, pada Senin (9/5/2022) siang.

Walaupun sudah memasuki arus balik, Hendra mengatakan masih ada penumpang yang berangkat dari terminal untuk mudik bahkan hingga H+3 Lebaran.

"Itu (Lebaran sampai setelah Lebaran) masih banyak yang berangkat dari sini karena mungkin alasan mereka untuk menghindari kemacetan," ucap Hendra.

Baca juga: Video Truk Berhenti karena Pengemudi Tidur, Bikin Macet Jalan Raya

Pada tanggal 2-5 Mei 2022 atau H1 dan H+2 Lebaran, ada tern kenaikan jumlah penumpang keberangkatan, yaitu 917 penumpang pada H1 Lebaran dan 1.578 penumpang pada H+2 Lebaran.

Angka ini kemudian menurun pada H+3 Lebaran, yaitu tercatat ada sebanyak 917 penumpang yang berangkat mudik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.