Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Masih Tinggi

Kompas.com - 10/05/2022, 11:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga satu pekan ke depan, arus balik Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta TImur diprediksi masih akan berlangsung.

Komandan Regu (Danru) Terminal Kampung Rambutan Mulyono menjelaskan, puncak arus balik mudik di Terminal Kampung Rambutan sebenarnya sudah terjadi sejak Minggu (8/5/2022).

"Yang terbanyak adalah pas tanggal 8 (Mei 2022) kemarin dengan jumlah bus sebanyak 487 kendaraan dengan penumpang 9.037 (tiba di Terminal Kampung Rambutan)," ucap Mulyono seperti dikutip Kompas Megapolitan, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Ini Ruas Tol Terpadat Selama Arus Balik Lebaran 2022

Kemudian sama seperti arus balik mudik pada tahun 2019 yang lalu, mayoritas penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang tiba di terminal berasal dari Jawa Barat.

"Untuk mayoritas penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan dari beberapa kota di Jawa Barat, di samping Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera," ucap Mulyono.

Mulyono menjelaskan, arus balik di Terminal Kampung Rambutan diprediksi masih akan berlangsung sampai pekan ke depan.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya imbauan pemerintah agar aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta menjalankan work from home (WFH) setelah libur Lebaran.

Sejumlah pengemudi bus sedang parkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta TimurAntara Sejumlah pengemudi bus sedang parkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur

"Karena ada kebijakan tersebut, kami prediksi hingga seminggu ke depan mungkin masih banyak saudara-saudara kita yang balik ke Jakarta," ucap Mulyono.

Sebelumnya, Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni menilai bahwa imbauan pemerintah tersebut tidak akan banyak mempengaruhi tren arus balik di terminal.

"Kami belum tahu apa berpengaruh atau tidak, karena penumpang pun sudah berangsur-angsur kembali ke ibukota dari kampung halamannya," ucap Yulza seperti dikutip Antara, Minggu (8/5/2022).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Rp 80 Jutaan Usai Lebaran

Namun Yulza mengatakan, tren penumpang balik ke Jakarta terus meningkat sejak H+1 Lebaran atau Rabu (4/5/2022). Saat itu, ada 3.862 penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan dengan menggunakan 362 bus.

Angka tersebut terus naik hingga Sabtu (7/5/2022) atau H+5 Lebaran, yaitu sebanyak 8.807 penumpang tiba, dengan jumlah bus yang digunakan sebanyak 473 unit.

Kemudian, mencapai puncaknya pada Minggu (8/5/2022), yaitu 9.037 penumpang yang tiba, dengan jumlah bus sebanyak 487 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com