Kompas.com - 06/05/2022, 16:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian resmi menerapkan sistem one way dan contraflow arus balik dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai Jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek), sejak pukul 14.00 WIB.

Dwimawan Heru Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, one way dilakukan setelah memastikan jalur sebaliknya steril.

"Sehingga tak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah Timur Jalan Tol Trans-Jawa dari Cikampek sampai Semarang," kata Heru dalam keterangan resminya, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Ramai Disebut Saat Arus Mudik Lebaran, Apa Itu Contraflow?


Untuk skemanya sendiri sebagai berikut ;

- One way dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang -m 47 Jalan Tol Japek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB

- Contraflow dua lajur dari Km 47-Km 28+500 Jalan Tol Japek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB

Lebih lanjut dijelaskan, bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengah, dapat melalui jalur alternatif dengan keluar di GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Japek, dan dilanjutkan ke Jalan Raya Klari-Kosambi-Cikampek-Simpang Jomin-Pantura.

One Way Akan Diberlakukan, Simak Alternatif Rute Perjalanan dari Jakarta Menuju Bandung dan SemarangPt Jasa Marga One Way Akan Diberlakukan, Simak Alternatif Rute Perjalanan dari Jakarta Menuju Bandung dan Semarang

Baca juga: Kebiasaan Buruk Menyerobot Kendaraan Lain Saat Macet

Sedangkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung, masih dapat menggunakan Jalan Tol Japek dan Jalan Tol Cipularang.

Namun perjalanan harus disambung via jalur alternatif dengan keluar di GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Japek, dan dilanjutkan ke jalan non-tol hingga Purwakarta lalu masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju Bandung.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," ujar Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.