Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Arus Balik di Pantura, Polres Lamongan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 04/05/2022, 15:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Lamongan mulai melakukan rekayasa lalu lintas dalam upaya untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022 di jalur Pantura, Lamongan.

Dikatakan Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana ada ratusan tim urai kemacetan Patroli Cegah Kemacetan dan Kecelakaan lalu lintas (Cekal) Satlantas Polres Lamongan di simpang pertigaan Mira dan Babat Lamongan.

Jadi, kendaraan yang akan menuju Kabupaten Bojonegoro dan Jombang, diarahkan melalui Jembatan Widang untuk melakukan putar balik.

Baca juga: Ini Pentingnya Co-Driver saat Berkendara Jarak Jauh

Kondisi arus lalu lintas di dekat pos pelayanan Terminal Lamongan yang terpantau mulai landai, Minggu (1/5/2022) pagi.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Kondisi arus lalu lintas di dekat pos pelayanan Terminal Lamongan yang terpantau mulai landai, Minggu (1/5/2022) pagi.

Kemudian dari arah timur, pengendara tidak diperkenankan belok ke kanan, melainkan diarahkan lurus untuk putar balik di Jembatan Widang.

“Untuk rekayasa jalan yang kita lakukan saat ini adalah wujud antisipasi peningkatan arus lalu lintas dan mencegah kemacetan,” ujar Miko, Selasa (3/5/2022).

Tidak hanya itu, di seputaran Tugu Wingko Babat juga disiagakan pos pengamanan untuk mengantisipasi kemacetan lantaran double track kereta api, mengingat peningkatan jumlah mobilisasi kereta masa lebaran.

Khusus untuk penumpang kendaraan umum yang akan menuju stasiun, diarahkan turun di terminal sementara yang berlokasi di tanah PT. KAI bekerja sama dengan PT. KAI dan organda.

Baca juga: Imbas Kemacetan, Ada Contraflow di Tol Jagorawi Arah Sukabumi

Sebuah kendaraan bersumbu tiga keluar dari Gerbang Tol Karawang Timur menuju jalur Pantura, Senin (28/2/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Sebuah kendaraan bersumbu tiga keluar dari Gerbang Tol Karawang Timur menuju jalur Pantura, Senin (28/2/2022).

“Kami juga melakukan kesepakatan bersama untuk membuat terminal sementara, agar dapat mengurangi penumpukan arus lalu lintas di Babat,” tutur Miko.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno menambahkan, sejauh ini arus balik sudah mulai muncul di Lamongan, termasuk yang berada di Jalur Pantura memang terjadi peningkatan dibanding sehari sebelumnya.

“Memang sudah ada peningkatan arus lalu lintas dibanding sebelumnya, tapi personel sudah bersiap untuk melancarkan arus lalu lintas dan arus lalu lintas terpantau aman,” kata Aris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com