Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik agar tidak memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, serta berhenti di bahu jalan.

Jika pemudik merasa lelah selama proses kembali dari kampung halaman, diimbau untuk keluar tol di kota terdekat. Sehingga bisa istirahat di titik arteri yang sudah disiapkan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” ujar dia dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Imbas Kemacetan, Ada Contraflow di Tol Jagorawi Arah Sukabumi

Ilustrasi Rest Area KM 260B di Tol Trans Jawa.Dok. Rest Area KM 260b Ilustrasi Rest Area KM 260B di Tol Trans Jawa.

Budi mengatakan sejumlah rest area telah disiapkan di jalan arteri, seperti pada kantor pemerintahan, kantor polisi, dan sebagainya.

“Mulai dari kantor kecamatan, kelurahan, Kantor Polisi, dan tempat-tempat lainnya sudah disiapkan sebagai tempat istirahat sementara,” tuturnya.

Selain itu, Budi juga meminta pemudik untuk memperhatikan update informasi terkini dari berita-berita yang disiarkan.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mengemudi dengan baik, serta mematuhi petunjuk petugas di lapangan.

Selain itu, diimbau pula agar masyarakat selalu mengupdate informasi terkini dari media sosial resmi milik operator jalan tol maupun kepolisian, sehingga mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan saat itu.

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi 6-8 Mei 2022

Kondisi Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022) pukul 11.00 WIBKOMPAS.COM/FARIDA Kondisi Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022) pukul 11.00 WIB

“Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik,” ujar Budi.

“Kami pun mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Terakhir, ia menyampaikan agar masyarakat tidak pulang saat periode arus balik yakni 6-8 mei 2022. Baiknya, sebelum atau sesudah waktu tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.