Kompas.com - 04/05/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan singgah di rest area, SPBU jadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh pemudik. Penting bagi pemudik untuk mengetahui titik-titik rest area khususnya yang akan melewati ruas Tol Trans-Jawa.

Tidak semua rest area dilengkapi dengan SPBU. Umumnya, rest area yang dilengkapi dengan SPBU adalah rest area tipe A.

Baca juga: Waktu di Rest Area Dibatasi 30 Menit, Tidak Efektif buat Istirahat Pengemudi

Selain SPBU, fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah ATM, toilet, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau hingga restoran.

Kemudian, di beberapa titik rest area lainnya ada yang dilengkapi dengan SPBU modular, atau lembaga penyalur dengan sarana dan fasilitas yang dapat berpindah, didirikan sebagai alternatif bangunan.

Kondisi Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022) pukul 11.00 WIBKOMPAS.COM/FARIDA Kondisi Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022) pukul 11.00 WIB

Baca juga: Mau Irit BBM Tapi Berujung Maut, Ingat Bahaya Slipstream di Jalan Tol

Untuk pemudik yang akan pulang melalui ruas Tol Trans-Jawa, berikut ini daftar rest area di ruas tol jalur B yang dilengkapi dengan SPBU:

Tol Jakarta-Tangerang
Km 14 B

Tol Jakarta-Cikampek
Km 6 B, Km 42 B, Km 52 B (SPBU Modular), Km 62 B

Tol Cipularang-Padaleunyi
Km 72 B, Km 88 B, Km 97 B, Km 125 B, Km 149 B

Tol Palimanan-Kanci
Km 208 B

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.

Tol Batang-Semarang
Km 460 B, Km 389 B

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.