Viral Pengendara Blokade Tol Cipularang karena Macet, Polisi Minta Maaf

Kompas.com - 29/04/2022, 14:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral video yang memperlihatkan aksi pengguna Jalan Tol Cipularang memblokade jalur yang mengarah ke Bandung pada hari Jumat (29/4/2022).

Aksi blokade ini dikarenakan masyarakat yang protes karena Tol Cipularang arah ke Jakarta macet total imbas imbas perpanjangan penerapan kebijakan satu arah (one way) di Tol Cipali dari Km 47 Ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (28/4/2022) oleh Korlantas Polri.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta maaf atas terjadinya kemacetan kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta yang melintasi Tol Cipularang.

Baca juga: Catat, Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Tol Cikampek

@kolotnyedot

penutupan cipularang

? suara asli - kolotnyedot

 

“Tolong sampaikan permohonan maaf kita kepada masyarakat,” kata Firman di GBK Senayan, Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Seharusnya, skema ganjil genap dan one way di jalan Tol Cikampek ke arah timur Jawa berakhir pada pukul 24.00 WIB.

Namun, pada Jumat (29/4/2022) dini hari, jumlah kendaraan yang hendak ke arah timur Jawa semakin meningkat sehingga kebijakan one way di jalan tol pun diperpanjang.

Baca juga: Hasil Evaluasi, Kepadatan di Tol Cikampek Imbas Rest Area Cipali


“Artinya langkah-langkah ini yang harus kita ambil. Kalau tidak dilakukan justru penumpukan dari Jakarta, Banten, dan sampai Cikampek akan justru mengular menjadi satu,” ujar Firman.

Menurutnya, keputusan memperpanjang masa berlaku one way perlu dilakukan guna memastikan tidak banyak masyarakat yang mengalami kerugian. Ia juga mengajak masyarakat untuk tertib dan patuh aturan berkendara di lalu lintas.

“Bahasa Jawa-nya harus ada legowo dari salah satu ketika kita memberikan kesempatan kepada yang lain, yang lain mohon maaf tunggu dulu sabar,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.