Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju Kawasan Puncak Saat Mudik Lebaran, Ini 3 Titik Rawan Macet

Kompas.com - 29/04/2022, 16:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti ganjil genap, contraflow, one way, dan pembatasan kendaraan tiga sumbu atau lebih.

Hal tersebut dalam upaya menekan potensi kemacetan yang kerap terjadi selama libur panjang, di antaranya,yaitu Restoran Cimory River Side, Pasar Cisarua, dan Taman Safari.

“Selalu ada berita macet di kawasan Puncak. Dengan adanya rekayasa ini, diharapkan lalu lintas bisa lebih terkendali,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Kendaraan Besar Bisa Melintas di Jalur Pantura Selama Arus Mudik

Kepadatan kendaraan pada H-4 di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Satlantas Polres Bogor menyatakan kepadatan arus lalu lintas di jalur Pucak Bogordiprediksi akan meningkat pada saat Lebaran, H+1 dan H+2.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan pada H-4 di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Satlantas Polres Bogor menyatakan kepadatan arus lalu lintas di jalur Pucak Bogordiprediksi akan meningkat pada saat Lebaran, H+1 dan H+2.

Rekayasa lalin terkait akan diberlakukan atas diskresi kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di kawasan Puncak sebelum hingga sesudah Lebaran 2022.

Pasalnya, kawasan Puncak merupakan salah satu destinasi tujuan wisata favorit warga Jabodetabek jika ada libur panjang seperti libur Lebaran.

"Pada H-1, sampai dengan beberapa hari setelah Lebaran diprediksi bila kawasan Puncak akan sangat ramai," kata dia.

Tak lupa Budi juga mengapresiasi Kepolisian Resor Bogor yang telah mempersiapkan jalur alternatif pada masa mudik Lebaran 2022.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas di kawasan Puncak.

Baca juga: Update Arus Mudik 2022, Gerbang Tol Palimanan Lancar Jaya

Sejumlah pengendara sedang melintasi Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah pengendara sedang melintasi Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022).

Sejumlah skema yang akan diberlakukan di kawasan Puncak, di antaranya contraflow, ganjil genap, hingga pengalihan arus ke jalur alternatif.

Dia menjelaskan, di jalur alternatif yang disiapkan sudah ada petunjuk sehingga pemudik tidak ada pilihan lain saat tanggal genap hanya mobil genap yang dapat melewati jalur Puncak.

"Jadi secara keseluruhan sudah siap tinggal nanti masyarakat bisa tersosialisasikan tentang rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan di kawasan wisata Puncak," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com