Dua Varian Bus Baru Avante H9, Aluminium Body dan Priority

Kompas.com - 27/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Tentrem baru saja merilis dua bus yang keduanya adalah varian baru, yakni Avante H9 Aluminium Body (AB) dan H9 Priority.

Untuk unit Avante H9 AB merupakan milik PO EPA Star yang sebelumnya pernah dibahas. Bodi bus jangkung tersebut dipasang ke sasis Scania K410iB dengan konfigurasi tronton, artinya punya bodi yang juga panjang.

Secara tampilan eksterior, bus Avante H9 AB ini punya beberapa keistimewaan. Pertama soal bodinya dahulu yang menggunakan pelat aluminium, hasilnya bobot total bus diklaim lebih ringan namun tetap kuat.

Baca juga: Bocoran Bodi Baru Tentrem, Avante H9 Aluminium

 

Sales Staff Karoseri Tentrem Dimas Raditya menjelaskan, ada sisi unik lainnya dari bus milik EPA Star yang dirilis, bisa dilihat pada bagian rodanya.

"Ada custom di bagian wheelhouse atau fender. Customer ingin menerapkan wheelhouse seperti bus di Eropa, yang ban tengah dan paling belakangnya menyambung," ucap Dimas kepada Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Hal ini bisa dilihat pada dua roda yang ada di belakang, wheelhouse-nya dicat hitam, memberi kesan menyambung. Sedangkan untuk bus tronton biasanya bagian bodi tersebut tetap dicat sewarna bodi.

Baca juga: Bus AKAP Baru PO New Shantika, Kaca Tunggal dan Sekat Los

"Bukan itu saja, model dari wheelhuse-nya juga berbeda. Jadi menggunakan model yang ada di Avante D Series, yakni D1 dan D2," ucap Dimas.

Selain Avante H9 AB, varian bodi baru yang dirilis yakni Avante H9 Priority milik PO Harapan Jaya. Varian Priority merupakan jawaban Karoseri Tentrem untuk menghadirkan bus super nyaman dengan bangku sleeper.

"Bedanya, bentuk kabin sleeper kita buat zig-zag. Keuntungannya adalah kabinnya lega, kaki bisa selonjoran tanpa terganggu sandaran bangku depannya. Lalu bangku bisa lebih rebah daripada kompetitor dengan jumlah seat yang sama sekitar 22 sleeper," ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hisyam N (@hisyam_2542)

Untuk bagian eksteriornya, unit milik PO Harapan Jaya menggunakan livery khasnya, yakni putih dengan balutan warna oranye di bawah. Namun, untuk grafis kuda yang sedang berlari, kini ditempel pada kaca samping yang ukurannya sangat besar.

Kaca samping yang besar ini dikarenakan susunan bangku 1-1 yang menumpuk. Sehingga ada kaca di bagian atas dan bawah, setiap penumpang mendapatkan pemandangan ke samping yang sama.

Setiap bangku sleeper dilengkapi dengan tempat penyimpanan dan AVOD. Kemudian di bagian tengah, ada pintu yang juga menjadi tempat smoking area yang dilengkapi dengan toilet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.