Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Stasiun Kereta Api yang Melayani Pengiriman Motor Gratis

Kompas.com - 24/04/2022, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com—Aktivitas mudik yang tahun ini telah diperbolehkan disambut antusias oleh banyak orang. Sudah dua kali Lebaran masyarakat Indonesia dilarang untuk mudik karena Covid-19.

Oleh karena itu, musim mudik tahun ini menjadi hal yang ditunggu banyak warga. Dalam mendukung program mudik yang tahun ini telah diperbolehkan, program motis KAI atau
angkutan sepeda motor gratis dengan moda kereta api kembali diadakan.

Setiap tahunnya, motis diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan untuk mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Portugal 2022, Balapan Malam Ini

“Angkutan motis 2022 akan melayani rute pulang pergi atau PP dengan dua lintasan. Keduanya dibagi menjadi lintas utara dan lintas selatan,” kata Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga pada Kompas.com.

Wisesa menyebutkan jika untuk di lintas utara layanan ini akan tersedia di Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan dan Stasiun Semarang Tawang.

PT KAI melalui KAI Logistik membantu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyalurkan oksigen ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.DOK. PT KAI PT KAI melalui KAI Logistik membantu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyalurkan oksigen ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

Sementara itu, untuk di lintas selatan akan tersedia untuk Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten dan Stasiun Purwosari.

Saat sepeda motor yang dikirim KAI Logistik sampai ke stasiun tujuan, maka penumpang akan
mendapatkan SMS pemberitahuan.

Setelah itu, penumpang dapat mengunjungi stasiun tujuan dengan membawa dokumen asli STNK, Tiket serta BTT dan akan dilakukan verifikasi kesesuaian dokumen hingga serah terima kendaraan.

Baca juga: Rest Area Cipali Sudah Mulai Ramai Disinggahi Pemudik

Jika pengambilan lebih dari H+1 setelah motor sampai, maka motor akan dititipkan di tempat parkir stasiun tujuan. Nantinya dengan biaya parkir akan dibebankan kepada pemilik kendaraan.

“Pengiriman motor melalui Motis ini dilengkapi dengan asuransi. Apabila ada kerusakan atau kehilangan, peserta dapat mengajukan klaim,” kata Wisesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com