Kompas.com - 24/04/2022, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan mudik jelang Lebaran, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan dan servis mobil yang akan dipakai. Sehingga, perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Mudik atau pulang ke kampung halaman banyak dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Untuk itu, penting sekali menjaga performa mobil tetap prima.

Baca juga: Alasan Pemerintah Imbau Tidak Mudik Pakai Sepeda Motor

Sebelum mudik, biasanya pengecekan dilakukan pada bagian seputar mesin, kelistrikan, rem, lampu, dan ban. Dari pemeriksaan tersebut, nantinya dapat diketahui mana saja yang perlu diganti.

Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi ErtigaKOMPAS.com/Ruly Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi Ertiga

Hariadi, Asstistant to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, Suzuki menawarkan paket servis dengan diskon 10 persen untuk jasa dan 5 persen untuk suku cadang.

"Tetapi, di diler tertentu saja. Ada juga Paket Pulkam seharga Rp 2,5 juta dan Paket Healing mulai Rp 600.000, tapi itu untuk komersial," ujar Hariadi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Hati-hati, Ini Jam Rawan Kecelakaan Berkendara Saat Mudik

Pelayanan di bengkel resmi Suzuki dalam memeriksa komponen meliputi 23 item. Sementara untuk penggantian komponen, biasanya dilakukan pada filter oli, busi, oil gasket, dan oli mesin.

Untuk biayanya, mengutip Suzuki.co.id, Minggu (24/4/2022), bisa mencapai Rp 957.450. Rinciannya adalah filter oli seharga Rp 35.500, busi seharga Rp 144.000, oil gasket dibanderol Rp 7.500, oli mesin Rp 308.450, dan untuk biaya jasanya Rp 462.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.