Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Celaka, Ini Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor

JAKARTA,KOMPAS.com- Walau pemerintah menghimbau untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, namun tak bisa dipungkiri bila animonya masih sangat banyak.

Terlebih survei ketiga Badan Litbang Perhubungan per Maret 2022, menunjukkan angka cukup besar dari masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Jumlahnya sekitar 46,6 persen (39,8 juta orang), yang terbagi mobil pribadi 26,8 persen (22,9 juta orang) dan pengguna motor 19,8 persen (16,9 juta orang).

Bagi yang terpaksa mudik dengan motor, ada baiknya untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan matang.


Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, baiknya pemudik sudah mempersiapkan rencana perjalanan jauh-jauh hari.

Perencanaan di sini adalah mempelajari rute, sehingga pemudik tahu seberapa jauh dan lama perjalanan. Selain itu juga harus tahu kapan dan di mana harus beristirahat.

“Lakukan perencanaan perjalanan yang matang ketika mudik. karena perjalanan itu cukup jauh dan memakan waktu yang panjang,” kata Agus, kepada Kompas.com melalui wawancaraa daring pada Sabtu (23/4/2022).

Tak kalah penting, pemudik sudah harus mempersiapkan motor yang akan digunakan. Lakukan pengecekan kembali sebelum berangkat.

Hal itu untuk meminimalisir masalah-masalah yang kemungkinan bisa saja terjadi pada perjalanan panjang.

“Pertama melakukan pengecekan motor, pastikan saat digunakan dalam kondisi baik,” tukas Agus.

Perjalanan jauh membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Karena itu, sebisa mungkin melakukan peregangan kecil sebelum menarik gas motor.

Tak kalah penting, pastikan peralatan dalam perjalanan mudik nyaman saat digunakan. Usahakan menggunakan jaket yang tahan angin, tapi tak mengganggu gerak pengendara saat di jalan.

Pakai sarung tangan yang nyaman untuk perjalanan jauh. Siapkan juga cadangan agar bisa diganti saat basah terkena keringat atau hujan.

“Pengendara baiknya menggunakan peralatan berkendara yang nyaman, jangan sampai mengganggu ketika dalam perjalanan jauh,” katanya.

Menjaga konsentrasi menjadi yang paling penting guna agar bisa berkendara fokus dan selamat. Karena itu, jangan ragu untuk menepi sekadar beristirahat.

Usahakan tiap dua hingga dua setengah jam perjalanan beristirahat setidaknya 15 menit untuk mengembalikan konsentrasi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/23/192200215/hindari-celaka-ini-tips-berkendara-jarak-jauh-dengan-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke