Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudik Aman, Ini Cara Menyalip di Jalan Tol yang Benar

Kompas.com - 23/04/2022, 10:42 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Memasuki sepertiga akhir bulan puasa, musim mudik pun tiba. Banyak di antara pemudik memilih menggunakan jalan bebas hambatan alias tol untuk memangkas waktu perjalanan.

Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui tata cara menyalip mobil di jalan tol yang baik dan benar. Walau terkesan sepele, namun menyalip kendaraan di jalan tol tidak boleh sembarangan.

Salah keputusan, keamanan pengemudi dan penumpang serta keselamatan pengemudi lain pun jadi taruhan.

Baca juga: Ingat Ada Ganjil Genap di Jalan Tol, Jangan Salah Pilih Tanggal Mudik

Berdasarkan catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sebesar 82 persen kecelakaan sepanjang 2021 di jalan tol terjadi karena faktor pengemudi. Jumlahnya cukup signifikan, mencapai 1.345 kejadian.

Ruas jalan tol Manyaran Semarang, Rabu (20/4/2022)KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Ruas jalan tol Manyaran Semarang, Rabu (20/4/2022)

Agar mudik bersama keluarga semakin aman, berikut saran dari ahli bagaimana cara menyalip di jalan tol.

Menyalip Dari Kanan

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, menyalip kendaraan harus dari sebelah kanan.

Ilustrasi menyalip trukFoto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Alasannya karena arah depan dan belakang lebih mudah terlihat pengemudi. Selain itu, Indonesia menganut setir kanan, sehingga aturan menyalip kendaraan juga dari kanan.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Rawan Celaka di Jalan Tol Jateng

“Karena sisi kiri merupakan tempat bagi kendaraan yang berjalan lebih lambat,” ujar Sony, kepada Kompas.com (26/8/2020).

Pahami Situasi

Sementara itu, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, sebelum menyalip kendaraan pengemudi harus memperhatikan beberapa hal.

Ilustrasi: Arus Mudik di Jalur Selatan - Pemudik melintas di Jalan Wates KM 12, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, yang merupakan bagian dari jalur selatan Pulau Jawa, Senin (13/8/2012).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Ilustrasi: Arus Mudik di Jalur Selatan - Pemudik melintas di Jalan Wates KM 12, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, yang merupakan bagian dari jalur selatan Pulau Jawa, Senin (13/8/2012).

“Pastikan diperbolehkan, pastikan diperlukan, dan pastikan aman,” ucap Marcell kepada Kompas.com pada kesempatan yang sama.

Menurutnya, pengemudi wajib memastikan tidak ada kendaraan dari belakang yang ingin mendahului.

Baca juga: Ini Faktor Penyebab Banyak Kecelakaan di Jalan Tol

Jarak Aman

Selain itu pastikan juga kendaraan di depan cukup jauh, agar kita memiliki jarak aman.

“Pastikan juga pengemudi yang didahului mengetahui kalau kita mau mendahuluinya, dan pastikan kendaraan kita mampu,” imbuh Marcell.

Ilustrasi mudikSHUTTERSTOCK/Odua Image Ilustrasi mudik

Kalau semua persyaratan itu bisa dipenuhi, silakan ambil sein ke arah kanan. Dan kalau kosong segera menyalip dengan kecepatan yang cukup, tidak usah terlalu ngebut agar kemudi mobil tetap terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com