Kompas.com - 22/04/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat sudah mulai melakukan mudik Lebaran 2022. Sebagian besar pemudik menggunakan mobil pribadi dan mengarah ke daerah Jawa dengan melewati jalan Tol.

Jika Anda salah satu pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi kendaraan. Salah satunya yaitu soal aki mobil.

Perangkat penyimpanan energi listrik ini menjadi sumber utama untuk menghidupkan mesin mobil dan menjalankan perangkat kelistrikan lainnya.

Untuk itu, kondisi akumulator harus dipastikan selalu prima agar setiap komponen lain yang mengandalkan listrik dari aki agar bisa bekerja normal.

Baca juga: Update Harga Oli Mesin Motor Matik Jelang Lebaran

Seiring berjalannya waktu, komponen dalam aki lama-kelamaan akan melemah dan memiliki batas usia pakai. Jika sudah mencapai batas usia tersebut, performanya juga tidak lagi sebagus saat awal-awal digunakan.

Suparna, Kepala Bengkel Auto 2000 mengatakan, ada beberapa tanda-tanda ketika aki mulai soak. Salah satunya adalah mobil sulit untuk dihidupkan.

“Kadang perlu beberapa kali starter. Apabila aki keadaan aki benar-benar parah, makan start akan didahului dengan bunyi tek-tek-tek atau ngek-ngek,” ucap Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Gejala lainnya bisa dilihat dari beberapa perangkat yang terhubung dengan listrik seperti lampu yang kurang terang atau bunyi klakson yang tidak begitu nyaring.

Menurut Suparna, pergantian aki sebetulnya tidak harus menunggu sampai tekor dan mogok. Namun jika sudah ada tanda seperti diatas sebaiknya langsung melakukan pengecekan dan segera diganti dengan yang baru.

Ia juga menjelaskan cara paling bagus mengantisipasi aki soak adalah saat service berkala dilakukan.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.