Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Tak Mau Bergantung pada Kendaraan Listrik

Kompas.com - 18/04/2022, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer BMW Oliver Zipse mengungkap sedikitnya ada hal penting yang berpotensi menjadi risiko apabila suatu produsen otomotif hanya mengandalkan kendaraan listrik saja.

Salah satunya, pasar yang sangat terbatas dan hanya ada pada negara-negara tertentu saja. Sementara banyak negara lain yang memerlukan dan menjual mobil bermesin bakar konvensional.

"Ketika Anda melihat teknologi yang keluar, tren electric vehicle (EV), kami harus berhati-hati. Sebab pada saat yang sama, itu berarti meningkatkan ketergantungan pada sangat sedikit negara," kata Zipse dilansir Reuters, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Bahaya Modifikasi Tangki Mobil Untuk Menimbun BBM

Mobil listrik BMW i3sSTANLY RAVEL-KOMPAS.com Mobil listrik BMW i3s

Selain itu, pasokan bahan baku baterai sebagai komponen utama dalam kendaraan terkait sebagian besar masih dikendalikan oleh China.

Sehingga apabila terjadi suatu hal pada industri tersebut, maka sangatlah besar untuk terjadi goncangan terhadap manufaktur dan industri otomotif dunia.

"Jika seseorang tidak dapat membeli EV karena alasan tertentu tapi tetap membutuhkan mobil, apakah Anda lebih suka meminta dia untuk terus menggunakan mobil lamanya?," ucap dia.

"Jika Anda tidak menjual mesin pembakaran internal lagi, maka orang lain akan melakukannya," lanjut Zipse.

Baca juga: Syarat Bus Pariwisata untuk Angkutan Mudik Lebaran

Eksterior mobil hybrid BMW i8 Protonic Red Edition dipamerkan saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Eksterior mobil hybrid BMW i8 Protonic Red Edition dipamerkan saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.

Meski demikian, Zipse tidak menampik bahwa pabrikan harus berinovasi dengan menciptakan mesin bahan bakar konvensional yang efisien dan lebih ramah lingkungan.

Perusahaan juga perlu menata manajemen bahan baku agar produksi mereka menjadi lebih efisien untuk menekan harga. Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah dengan menggencarkan program daur ulang.

"Berapa banyak energi yang dibutuhkan dan digunakan, serta sirkularitas itu penting demi alasan lingkungan dan ekonomi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com