Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Suara Ngorok

Kompas.com - 18/04/2022, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com—AC di mobil akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berkendara. Sebagai salah satu komponen elektronik plus mekanis yang terpasang di mobil, AC sangatlah penting fungsinya.

Oleh karena itu lazim pengemudi mobil selalu menyalakan AC saat berkendara. Jikalau AC rusak maka kenyamanan berkendara akan terganggu. Namun, di sisi lain tidak sedikit juga pemilik mobil yang abai pada kondisi kesehatan AC.

Misalnya pada kondisi di mana AC mengeluarkan suara yang aneh saat dinyalakan. Pada saat AC menyala, selalu muncul suara seperti seseorang sedang mendengkur atau ngorok.

Baca juga: Kecanggihan Honda Civic RS, Cocok Jadi Mobil Harian

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika AC yang mengeluarkan suara seperti ngorok artinya ada komponen AC yang rusak.

“Saat AC dinyalakan mengeluarkan bunyi kasar atau seperti orang ngorok, tandanya harus ada komponen yang diganti. Suara tersebut bisa dari kompresor atau komponen yang rusak,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Saat salah satu komponen AC rusak, artinya kinerja AC tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, saat AC mengeluarkan suara kasar menjadi tandanya agar pemilik mobil segera memperbaikinya.

Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobilUnsplash/Albert Vincent Wu Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil

Didi menjelaskan komponen magnetic clutch menjadi komponen penting di AC. Saat AC menyala, magnetic clutch akan berputar. Jika magnetic clutch bermasalah maka akan menghasilkan bunyi yang berisik.

Untuk mencari tahu dimana letak komponen yang rusak, baiknya pemilik mobil segera membawa mobil ke tempat jasa perbaikan AC. Di sana akan ada ahli yang dapat membantu mencari tahu komponen mana saja yang harus diperbaiki atau diganti.

Baca juga: Quartararo Bakal Umumkan Pindah dari Yamaha atau Bertahan

“Jangan pernah membiarkan AC yang mengeluarkan suara ngorok terlalu lama. Jika terlalu lama dibiarkan, maka akan membuat kondisi AC semakin parah,” kata Didi.

Dan tidak menutup kemungkinan jika nantinya AC akan sulit diperbaiki. Apabila telah alami hal tersebut, mau tidak mau harus menggelontorkan dana lebih guna membeli AC mobil yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com