Salin Artikel

Apa Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Suara Ngorok

Oleh karena itu lazim pengemudi mobil selalu menyalakan AC saat berkendara. Jikalau AC rusak maka kenyamanan berkendara akan terganggu. Namun, di sisi lain tidak sedikit juga pemilik mobil yang abai pada kondisi kesehatan AC.

Misalnya pada kondisi di mana AC mengeluarkan suara yang aneh saat dinyalakan. Pada saat AC menyala, selalu muncul suara seperti seseorang sedang mendengkur atau ngorok.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika AC yang mengeluarkan suara seperti ngorok artinya ada komponen AC yang rusak.

“Saat AC dinyalakan mengeluarkan bunyi kasar atau seperti orang ngorok, tandanya harus ada komponen yang diganti. Suara tersebut bisa dari kompresor atau komponen yang rusak,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Saat salah satu komponen AC rusak, artinya kinerja AC tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, saat AC mengeluarkan suara kasar menjadi tandanya agar pemilik mobil segera memperbaikinya.

Untuk mencari tahu dimana letak komponen yang rusak, baiknya pemilik mobil segera membawa mobil ke tempat jasa perbaikan AC. Di sana akan ada ahli yang dapat membantu mencari tahu komponen mana saja yang harus diperbaiki atau diganti.

“Jangan pernah membiarkan AC yang mengeluarkan suara ngorok terlalu lama. Jika terlalu lama dibiarkan, maka akan membuat kondisi AC semakin parah,” kata Didi.

Dan tidak menutup kemungkinan jika nantinya AC akan sulit diperbaiki. Apabila telah alami hal tersebut, mau tidak mau harus menggelontorkan dana lebih guna membeli AC mobil yang baru.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/18/110200115/apa-penyebab-ac-mobil-mengeluarkan-suara-ngorok

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.