Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semprotan Nozzle Air Wiper Lemah, Coba Bersihkan Pakai Jarum

Kompas.com - 15/04/2022, 19:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Wiper pada mobil tidak hanya berfungsi menyapu air yang turun saat hujan saja. Wiper juga dapat digunakan saat berkendara di udara berembun atau berdebu.

Agar kinerja wiper lebih optimal dan tidak meninggalkan baret pada kaca, wiper harus dalam keadaan basah.

Oleh karena itu wiper dilengkapi dengan reservoir washer yang berisikan cairan wiper untuk disemprotkan saat membersihkan kaca.

Baca juga: Jangan Sampai Lewat, Ini Tarif dan Syarat Perpanjang SIM A

Namun, nozzle atau alat penyemprot cairan wiper yang lemah sering dialami oleh pemilik mobil. Bahkan, air yang disemprotkan oleh nozzle keluar tidak beraturan. Hal ini tentunya akan mengganggu kinerja wiper saat membersihkan kaca mobil.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan nozzle wiper lemah saat menyemprotkan air bukan berarti rusak. Bahkan, kondisi tersebut masih bisa diperbaiki sendiri tanpa bantuan ahli.

“Mungkin saja ada kotoran yang menempel pada nozzle. Maka dapat bersihkan dengan menggunakan sikat atau jarum,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Penyebab nozzle wiper yang lemah saat menyemprotkan air memang beragam. Bisa dari saluran washernya atau kelistrikan yang bermasalah.

Akan tetapi jika tetap keluar namun hanya sedikit air yang keluar, atau bahkan air keluar tidak pada tempatnya tandanya ada yang membuatnya mampet.

Debu atau kotoran yang menghalangi nozzle wiper menjadi penyebab utama. Maka dari itu, tidak ada salahnya membersihkan nozzle wiper menggunakan sikat atau jarum sebelum mengganti dengan yang baru.

Baca juga: Jeep Dukung Elektrifikasi, Siap Luncurkan Mobil Listrik

“Ada tipe nozzle yang bisa di setting arah semprotannya ada yang tidak. Kalau arahnya tidak tepat bisa disetting dengan menggunakan jarum pentul,” Ujar Didi.

Hanya perlu menusukan jarum pentul pada lubang nozzle yang mampet. Jarum pentul akan membersihkan kotoran atau debu yang menyumbat lubang. Jika sudah tidak hal yang menyumbat, maka kekuatan nozzle saat menyemprotkan air akan kembali seperti semula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com