Cairan Wiper Habis, Bolehkah Diisi Air Biasa?

Kompas.com - 15/04/2022, 19:33 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Wiper pada mobil bekerja untuk menyapu hal yang menghalangi kaca. Pada wiper terdapat tabung reservoir washer yang mana akan membantu kinerja wiper lebih optimal.

Tabung reservoir washer berisikan cairan wiper yang dapat disemprotkan dari nozzle ke kaca. Cairan ini akan membantu wiper lebih bersih saat menyapu objek yang mengotori kaca mobil.

Lalu jika cairan wiper pada reservoir washer habis, bisakah diganti dengan air biasa?

Baca juga: Daihatsu Percaya Momen Lebaran Bisa Dongkrak Penjualan Mobil Baru

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan jika menggunakan air biasa untuk cairan wiper tidak bisa menggantikan peran dari cairan wiper.

“Ada cairan khusus yang sudah tentu mengandung chemical yang berperan untuk membersihkan kaca lebih baik dari pada air biasa,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Air biasa tidak memiliki kandungan pembersih khusus kaca. Meskipun memiliki kesamaan berbentuk cairan, air biasa tidak akan membersihkan kaca dengan maksimal.

Ilustrasi cairan wiperyoutube.com Ilustrasi cairan wiper

Bahkan, bila menggunakan air biasa malah akan membuat kotoran atau noda pada kaca tetap menempel. Kemudian, sapuan wiper tidak akan bekerja dengan baik jika menggunakan semprotan dari air biasa.  

Pergerakan wiper justru akan  membuat kaca mobil  baret lantaran terus berusaha menyapu kotoran yang menempel di kaca atau karet wiper. Oleh karena itu, Didi menyarankan agar pemilik mobil tetap menggunakan cairan khusus wiper

Baca juga: Jangan Campur Air Wiper dengan Sampo, Ini Alasannya

Cairan wiper yang banyak ditemukan di pasaran mengandung bahan kimia bernama lubricant. Kandungan tersebut penting untuk menjaga kaca dan tidak ada pada air biasa.

“Cairan wiper mengandung lubricant untuk menghindari baret di kaca akibat kotoran yang menempel pada karet wiper,” ujar Didi.

Akan tetapi, kalau dalam kondisi darurat seperti sedang dalam perjalanan jauh seperti mudik, boleh saja menggunakan air biasa dengan catatan tidak dicampur dengan cairan lain seperti sampo atau sabun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.