Libur Nasional, Ganjil Genap Kembali Berlaku di Puncak Bogor

Kompas.com - 15/04/2022, 06:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat kembali diefektifkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pada libur tanggal merah memperingati wafat Isa Almasih hari ini, Jumat (15/4/2022).

Aturan ganjil genap ini akan diberlakukan selama empat hari, yaitu mulai hari Kamis (14/4/2022) hingga Minggu (17/4/2022) yang akan datang.

Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian mengatakan, rencana ganjil genap dilaksanakan satu hari sebelum libur nasional, Kamis yang lalu, dan 1 hari sebelum weekend.

Baca juga: Daftar Jalan Tol yang Kena Ganjil Genap dan One Way Saat Mudik Lebaran

Ardian mengimbau masyarakat untuk menyesuaikan waktu keberangkatan dengan ketentuan ganjil genap yang berlaku di Jalur Puncak.

Aturannya juga masih sama seperti sebelumnya, yaitu merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan dan menyelaraskannya pada tanggal di kalender.

"Iya,sementara masih sama dengan sebelumnya karena belum masuk masa mudik lebaran. Jangan lupa selalu patuhi peraturan lalu lintas," ujar Ardian seperti dikutip Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Polisi menerapkan kebijakan situasional berupa pemberlakuan sistem one way atau satu arah di sepanjang Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/3/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Polisi menerapkan kebijakan situasional berupa pemberlakuan sistem one way atau satu arah di sepanjang Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/3/2022).

Baca juga: Arus Mudik, One Way dari Tol Jakarta-Cikampek sampai Kalikangkung

Sementara untuk jam operasional, ia mengatakan bahwa sistem ganjil genap mulai diberlakukan mulai Kamis sore. Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021.

Sedangkan untuk jam operasional hari ini dan berikutnya akan diberlakukan secara kondisional atau melihat kondisi lapangan terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.