Ekspor Mobil Toyota Buatan Indonesia Naik 48 Persen pada Kuartal Pertama 2022

Kompas.com - 14/04/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia berhasil mencatatkan kinerja positif pada kegiatan ekspor kendaraan bermotor rakitan dalam negeri di kuartal pertama tahun ini, alias Januari-Maret 2022.

Mengandalkan sepuluh model yang ditargetkan ke-4 benua, realisasinya mampu mencapai 73.000 unit atau meningkat 48 persen dibanding total ekspor pada periode sama tahun lalu (49.000 unit).

Kinerja tersebut bahkan lebih besar 58 persen dari capaian sebelum ada pandemi Covid-19 di tahun 2019 lalu dengan 46.000 unit. Sehingga hal ini menjadi rekor perseroan tersendiri.

Baca juga: Rapor Penjualan Mobil Baru Maret 2022, Torehkan Hasil Positif

Presiden Joko Widodo saat meninjau proses ekspor mobil ke sejumlah negara lewat Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo saat meninjau proses ekspor mobil ke sejumlah negara lewat Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).

Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN, Bob Azam mengatakan, pencapaian positif terkait didukung oleh peningkatan permintaan model kendaraan Toyota seperti Veloz di Timur Tengah dan ASEAN.

"Optimisme ekspor di kuartal I/2022 ini dibayangi dengan ketidakpastian ekonomi global yang dipengaruhi salah satunya oleh perang antara Rusia dan Ukraina," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/4/2022).

"Namun demikian kami terus berupaya untuk berkontribusi pada ekspor otomotif nasional dengan selalu menjaga dan meningkatkan kualitas produk Toyota Indonesia, salah satunya dengan memastikan peningkatan kapabilitas SDM," lanjut Bob.

Tidak lupa, ia pun berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberi kebijakan yang mendukung daya saing produk otomotif Indonesia di pasar global.

Baca juga: Skema Penerapan One Way dari Jakarta ke Jawa Tengah Selama Mudik Lebaran 2022

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

Adapun model kendaraan yang paling banyak diekspor ialah tipe sport utility vehicle (SUV) seperti Fortuner, Rush, dan Raize dengan jumlah 36.600 unit.

Kemudian nomor kedua terlaris ialah tipe multi purpose vehicle (MPV) atau mobil keluarga seperti Kijang Innova, Sienta, Avanza, Town/Lite Ace, dan Veloz. Secara total, pencapaiannya ialah 20.500 unit.

Sisanya, disumbang oleh kendaraan bertipe sedan, hatchback, dan LCGC yaitu Vios, Yaris, serta Agya dengan jumlah 15.900 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.