Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Meresmikan Jalan Tol Lingkar Brebes-Tegal

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (13/4/2022).

Ruas jalan tol ini sekaligus melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantai Utara (Pantura) dan komplementaritas dengan jaringan jalan tol di Trans Jawa.

Seperti diketahui, jalur Pantura merupakan jalur yang penting untuk menunjang kelancaran dalam masa mudik Lebaran. Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal diperkirakan bakal mengurangi beban lalu lintas saat mudik lebaran.

“Kita ketahui kepadatan lalu lintas di Brebes-Tegal sangat tinggi terutama saat mudik Lebaran, Tahun Baru, dan hari-hari libur lainnya. Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal diperkirakan akan mengurangi beban lalu lintas hingga 48 persen, sehingga jalur Brebes dan Tegal lebih lancar,” ucap Jokowi, melalui keterangan tertulis Kementerian PUPR, dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Pembangunan Lingkar Brebes-Tegal dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewah (DI) Yogyakarta dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada Desember 2019 hingga April 2022.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, selain Jalan Lingkar Brebes-Tegal, Kementerian PUPR juga tengah mempersiapkan ruas jalur Pantura lainnya untuk mudik Lebaran 2022.

“Semua perbaikan jalan di jalur Pantura sudah saya minta agar selesai pada H-10 Lebaran 2022, dan dipastikan aman untuk dilalui kendaraan masyarakat yang mudik,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/14/033200815/jokowi-meresmikan-jalan-tol-lingkar-brebes-tegal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke