Supaya Anti-norak, Begini Cara Cek Posisi Tutup Tangki BBM pada Mobil

Kompas.com - 13/04/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan mengisi bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil, seringkali pengemudi, khususnya pemula, bingung dengan posisi tutup tangki bensin. Sebab, letak tutup tangki BBM berbeda-beda, ada yang di sisi kiri, ada juga di kanan.

Kejadian ini umumnya dialami oleh pengemudi yang masih pemula, atau pengemudi yang mengendarai mobil pinjaman. Padahal, ada cara mudah untuk mengetahui letak tutup tangki BBM pada mobil, sehingga pengemudi tidak perlu bingung saat akan mengisi BBM di SPBU.

Selain dengan membaca buku panduan, ada indikator pada mobil yang bisa memberi tahu pemilik kendaraan tentang letak tutup tangki BBM di mobil. Indikator ini ada di panel metercluster, seperti yang dijelaskan oleh akun TikTok @al.auto10.

Baca juga: Alternatif Pilihan Mobil Bekas Rp 80 Jutaan untuk Mudik Lebaran 2022

Senada, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa letak tutup tangki BBM bisa diketahui dengan mudah, dan pengemudi tidak harus turun dari mobil.

"Sering kita temui pengemudi yang mau isi bensin masih bingung lihat spion ata bahkan keluar mobil. Sebenarnya tidak perlu repot, bisa dilihat dari panel indikator," ucap Didi.

Didi menjelaskan, pada panel indikator biasanya ada gambar berbentuk dispenser, diserta dengan panah segitiga yang menunjuk ke arah kanan atau ke arah kiri.

@al.auto10 biar gak salah posisi lagi di pom bensin ???? #Tutorial #fyp #fyp? #foryou ? Gryffin - Tie Me Down - Tik Toker

Lambang tersebut merupakan tanda penunjuk letak tutup tangki BBM pada mobil tersebut. Hanya dengan melihat indikator ini, pengemudi tidak perlu turun dari mobil untuk memastikan letak tutup tangki BBM saat akan mengisi tangki bahan bakar.

Sedangkan untuk letak tuas pembuka tutup tangki, Didi menjelaskan bahwa letak tuas pembuka tutup tangki berbeda-beda.

Baca juga: Desain Toyota New Fortuner 2.8 GR Sport, Masih Gagah?

"Biasanya tuas tersebut terdapat di bagian kanan bawah kursi pengemudi, kebanyakkan tipe mobil sedan dan multi purpose vehicle (MPV) posisi tuas tagkinya bersebelahan atau berdekatan dengan handel untuk membuka kap mesin," ucap Didi.

Namun, beberapa kendaraan tidak memiliki tuas pembuka tangki. Didi mengatakan, kendaraan yang tidak menggunakan tuas, mekanismenya ada pada tutup bensin. Biasanya, ini ditemukan pada mobil-mobil premium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.