Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buat yang Belum Tahu, Ini Arti Indikator Eco pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa mobil, indikator eco di dasbor mobil seringkali menyala saat mobil sedang melaju. Indikator eco ini berbeda dengan mode berkendara seperti eco mode.

Jika eco mode merupakan mode tambahan pada mobil, indikator eco menandakan bahwa mobil melaju dengan mengkonsumsi bahan bakar secara efisien atau tidak boros. Lampu indikator eco biasanya berwarna hijau.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, eco mode merupakan mode berkendara yang lebih hemat bahan bakar atau efisien.

Sedangkan indikator eco tidak dipicu oleh aktifnya eco mode. Bahkan, seringkali mode eco ini ada pada mobil yang tidak memiliki opsi mode berkendara.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, indikator eco menyala dipicu oleh cara berkendara pengemudi.

"(Indikator eco) bukan mode berkendara, namun sebagai acuan untuk pengemudi saat menginjak gas untuk berkendara secara efisien," ujar Didi kepada Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Didi memaparkan, indikator eco akan menyala tergantung dari bagaimana pengemudi berkendara, misalnya saat menginjak pedal gas terlalu dalam maka indikator tersebut tidak akan menyala.

Aktifnya indikator eco bukan dilihat dari kecepatan atau laju mobil saat sedang dikendarakan. Patokannya, lanjut Didi, ECU yang akan membaca mana cara berkendara yang efisien dan mana yang tidak.

"Misalnya, kita injak pedal gas terlalu dalam. Indikator eco enggak menyala. Namun, pada saat kita angkat sedikit pedalnya, indikator akan menyala," ujar Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/13/111200115/buat-yang-belum-tahu-ini-arti-indikator-eco-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke