Mobil Klasik Harga Miliaran Rupiah Laris di IIMS Hybrid 2022

Kompas.com - 09/04/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam mobil baru dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Namun, deretan mobil klasik pun tak mau ketinggalan unjuk gigi.

Beberapa mobil klasik yang menarik perhatian ada di booth Tuksedo Studio. Bengkel modifikasi ini berhasil merekayasa ulang mobil klasik yang sudah sangat langka.

Baca juga: Moeldoko Mampir ke IIMS Hybrid 2022, Bicara Mobil Listrik

Beberapa di antara mobil klasik buatannya, seperti Porsche 356 Speedster, Porsche 356 A Coupe, dan Porsche 550 Spyder. Ada juga mobil klasik lainnya yang masih dalam tahap pembuatan ikut dipajang, seperti Toyota 2000GT, BMW 507, dan Mercedes-Benz Gullwing 300 SL.

Mobil klasik yang sudah langka dibuat ulang oleh Tuksedo Studio dan dipamerkan pada IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Mobil klasik yang sudah langka dibuat ulang oleh Tuksedo Studio dan dipamerkan pada IIMS Hybrid 2022

"Ini semua yang dipajang sudah ada pembelinya. Bahkan, yang belum jadi pun, seperti Gullwing, juga sudah ada yang berminat," ujar Laksamana Gusti Handoko, pemilik Tuksedo Studio, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Gusti menambahkan, untuk membuat satu mobil klasik tersebut, biasanya dibutuhkan waktu satu tahun hingga dua tahun. Bodinya dibuat dari material aluminium secara manual dengan teknik metal shaping.

Baca juga: Beli Karpet Mobil di IIMS Hybrid 2022, Bahannya Ramah Lingkungan

Untuk mesin, Gusti mengaku, dirinya mendapatkan dari mobil donor. Dia mencontohkan Porsche 356, merupakan mobil donor dari VW Beetle.

Mobil klasik yang sudah langka dibuat ulang oleh Tuksedo Studio dan dipamerkan pada IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Mobil klasik yang sudah langka dibuat ulang oleh Tuksedo Studio dan dipamerkan pada IIMS Hybrid 2022

“Karena VW Beetle adalah mobil yang dijadikan bahan dasar 356 yang asli. Pembuatnya pun sama, Ferdinand Porsche. Pada intinya, semua mobil donor yang kita pakai harus dari merek yang sama, seperti Mercy ya harus Mercy, Toyota juga harus Toyota, berlaku juga untuk yang lainnya,” kata Gusti.

Soal harga, Tuksedo Studio secara terang-terangan menunjukkannya di booth miliknya. Porsche 356 Speedster dibanderol Rp 1,75 miliar, Porsche 356 A Coupe dibanderol Rp 1,85 miliar, Toyota 2000GT harganya Rp 2,5 miliar, Porsche 550 Spyder dijual Rp 2 miliar, BMW 507 seharga Rp 2,5 miliar, dan yang paling tinggi adalah Gullwing dengan banderol Rp 4,5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.