Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Klasik Harga Miliaran Rupiah Laris di IIMS Hybrid 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam mobil baru dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Namun, deretan mobil klasik pun tak mau ketinggalan unjuk gigi.

Beberapa mobil klasik yang menarik perhatian ada di booth Tuksedo Studio. Bengkel modifikasi ini berhasil merekayasa ulang mobil klasik yang sudah sangat langka.

Beberapa di antara mobil klasik buatannya, seperti Porsche 356 Speedster, Porsche 356 A Coupe, dan Porsche 550 Spyder. Ada juga mobil klasik lainnya yang masih dalam tahap pembuatan ikut dipajang, seperti Toyota 2000GT, BMW 507, dan Mercedes-Benz Gullwing 300 SL.

"Ini semua yang dipajang sudah ada pembelinya. Bahkan, yang belum jadi pun, seperti Gullwing, juga sudah ada yang berminat," ujar Laksamana Gusti Handoko, pemilik Tuksedo Studio, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Gusti menambahkan, untuk membuat satu mobil klasik tersebut, biasanya dibutuhkan waktu satu tahun hingga dua tahun. Bodinya dibuat dari material aluminium secara manual dengan teknik metal shaping.

Untuk mesin, Gusti mengaku, dirinya mendapatkan dari mobil donor. Dia mencontohkan Porsche 356, merupakan mobil donor dari VW Beetle.

“Karena VW Beetle adalah mobil yang dijadikan bahan dasar 356 yang asli. Pembuatnya pun sama, Ferdinand Porsche. Pada intinya, semua mobil donor yang kita pakai harus dari merek yang sama, seperti Mercy ya harus Mercy, Toyota juga harus Toyota, berlaku juga untuk yang lainnya,” kata Gusti.

Soal harga, Tuksedo Studio secara terang-terangan menunjukkannya di booth miliknya. Porsche 356 Speedster dibanderol Rp 1,75 miliar, Porsche 356 A Coupe dibanderol Rp 1,85 miliar, Toyota 2000GT harganya Rp 2,5 miliar, Porsche 550 Spyder dijual Rp 2 miliar, BMW 507 seharga Rp 2,5 miliar, dan yang paling tinggi adalah Gullwing dengan banderol Rp 4,5 miliar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/09/100200515/mobil-klasik-harga-miliaran-rupiah-laris-di-iims-hybrid-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke