Viral, Aksi Kejar-kejaran Pengendara Motor dan PJR di Tol Cikampek

Kompas.com - 07/04/2022, 15:37 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan pengendara motor dikejar Patroli Jalan Raya (PJR) di ruas tol Jakarta Cikampek (Japek) Km 33, Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan, Jawa Barat.

Nampak dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @meme_otomotif, seorang pria yang mengendarai motor matik melaju kencang di jalan tol, dengan diikuti oleh petugas PJR di belakangnya.

Pemotor tersebut masuk tol dari gerbal Tol Cikarang Barat kemudian dikejar oleh petugas PJR untuk diarahkan keluar Tol Cibatu.

Meski melaju dengan kencang, pengendara motor tersebut berhasil diarahkan keluar tol dalam kondisi selamat.

Baca juga: Marc Marquez Pilih Main Aman di GP Amerika

Diketahui pengendara motor itu berniat menuju ke Jakarta Timur, namun saat melintas wilayah Cikarang Selatan, pengendara motor tersebut diarahkan oleh aplikasi yang digunakannya sehingga membuatnya masuk Tol Jakarta Cikampek.

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, kejadian sepeda motor masuk jalan tol sudah beberapa kali terjadi dengan alasan yang bervariasi.

Mulai dari mereka yang tidak sengaja atau tidak menyadarinya, bahkan ada pula yang justru sengaja masuk jalan tol.

“Namun dengan alasan apapun, itu merupakan sebuah pelanggaran karena jalan tol hanya diperuntukan untuk kendaraan roda 4 atau lebih,” ucap Budiyanto.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Meme Otomotif Indonesia (@meme_otomotif)

Budiyanto melanjutkan, jalan tol berfungsi untuk penyelenggaraan lalu lintas dengan kecepatan tinggi, sehingga apabila tiba-tiba ada sepeda motor yang masuk jalan tol berpotensi terjadinya kecelakaan.

Menurutnya, kejadian ini terus berulang lantaran lemahnya aspek pengawasan dan penegakkan hukum.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.