Kompas.com - 31/03/2022, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) cukup mengejutkan menghadirkan produk motor listrik terbarunya Yamaha E01 di lantai pameran IIMS Hybrid 2022. Skuter listrik ini sebelumnya hadir di Bangkok Motor Show 2022.

Berdasarkan pantauan Kompas.com (31/3/2022), versi konsep motor ini terlihat berbeda dengan yang hadir sekarang. Saat ini motor terlihat lebih realistis untuk versi produk massal.

Tampilan menarik motor ini salah satunya model lampu yang awalnya berada di tebeng depan, kini terlihat desain  proyektor Yamaha R1. Jadi, posisi lampu agak ke bawah.

Selanjutnya adalah bagian yang membuat motor ini mirip sekali dengan NMAX, yakni setang kemudi yang terbilang tinggi, lengkap dengan adjustable windscreen yang lebih modern. Bagian kaki-kaki juga mirip dengan NMAX, termasuk desain peleknya.

Dari segi desain skuter listrik Yamaha E01 ini banyak mengadopsi komponen sama dari NMax.KOMPAS.com/Dio Dari segi desain skuter listrik Yamaha E01 ini banyak mengadopsi komponen sama dari NMax.

Sedangkan bagian tebeng depan yang awalnya dikira lampu utama, ternyata adalah posisi soket charger dengan penutup untuk pengisian daya.

Bicara soal mesin listrik, di atas kertas, tenaga maksimum tercatat 8,1 kW atau setara 10,86 tk pada 5.000 rpm dan torsi 30 Nm pada 2.000 rpm.

Keistimewaan Yamaha E01 adalah menggunakan energi listrik 100 persen dan mampu menempuh jarak maksimal hingga 104 km.

Jarak maksimal itu bisa didapat dengan kecepatan konstan 60 kpj. Sementara itu, motor ini bisa mencapai kecepatan maksimum 100 kpj, serta bisa berakselerasi 0-50 kpj dalam 3,9 detik.

Motor listrik ini punya tiga mode pengisi daya, yakni pengisi daya cepat, pengisi daya normal, dan pengisi daya portabel.

Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/AGK Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.

Dengan pengisi daya cepat, isi ulang baterai 0-90 persen bisa tuntas dalam 1 jam. Sementara untuk pengisian normal 0-100 persen membutuhkan waktu 5 jam.

Adapun, jika menggunakan pengisi daya portabel yang disimpan di bawah jok, saat melakukan pengisian 0-100 persen memakan waktu 14 jam.

Sejauh ini PT YIMM belum mengumumkan lebih detail terkait rencana penjualan maupun harganya jika dipasarkan di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.