Kompas.com - 01/04/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi merilis mobil listrik Ioniq 5 pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Ioniq 5 diklaim menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang diproduksi secara lokal. Pembuatannya dilakukan di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Kisaran Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Meski produksi sudah dilakukan di Indonesia, tapi tentu saja belum ada perusahaan pemasok mobil listrik, sehingga beberapa komponen masih impor. Salah satunya adalah baterai, yang menjadi komponen utama kendaraan listrik.

Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5

Chief Operating Officer PT HMID Makmur, mengatakan, sudah pasti semua produk ada sebagian komponennya yang masih impor. Dia mengaku belum hafal berapa persen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk Ioniq 5.

"Sekarang ini baterai yang digunakan masih belum diproduksi di sini. Tapi, nanti setelah pabrik kita dengan LG sudah beroperasi, akan kita jadikan sebagai base," ujar Makmur, kepada wartawan, saat peluncuran Ioniq 5.

Baca juga: Intip Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 yang Rilis di IIMS Hybrid 2022

Rencananya, pabrik baterai yang merupakan kerjasama antara Hyundai dengan LG akan mulai kegiatan produksi pada 2024. Dengan menggunakan baterai lokal, diharapkan harga mobil listrik tersebut bisa lebih ditekan.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022

Meski sudah diperkenalkan secara resmi, pihak Hyundai masih enggan merilis harga Ioniq 5. Mobil tanpa emisi tersebut ditawarkan dalam dua varian, yakni Prime dan Signature, yang masing-masing memiliki tipe Standard Range dan Long Range.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.