Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kijang Innova EV Jadi Model Studi Toyota di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2022, 12:00 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia turut mendorong percepatan pengembangan industri kendaraan elektrifikasi. Produsen otomotif asal Jepang ini berhasil mengembangkan konsep kendaraan BEV (battery vehicle electric).

Berbasis Toyota Kijang Innova, mobil konsep ini diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di arena JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Meski belum diproduksi untuk tujuan komersial, Kijang Innova EV Concept diklaim telah melewati tahap quality and safety assurance pengecekan internal.

“Meski sudah siap dikendarai, penggunaan Toyota Kijang Innova EV Concept baru untuk kepentingan studi dan sosialisasi,” tutur Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto seusai melakukan test drive Toyota Kijang Innova EV Concept di Arena IIMS, Kamis (31/03/2022).

Baca juga: Innova EV Concept Jadi Pengembangan Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept semakin mengukuhkan komitmen Toyota Indonesia mendukung kebijakan Pemerintah dalam program percepatan pengembangan industri kendaraan listrik nasional.

Sejauh ini, Toyota Kijang Innova EV Concept adalah mobil dengan brand nasional yang pertama dirancang sepenuhnya menggunakan listrik sebagai sumber daya penggerak (power engine).

Jajaran Board of Director (BOD) Toyota Astra Motor berpose dengan Toyota Innova EV di IIMS Hybrid 2022Janlika Putri/Kompas.com Jajaran Board of Director (BOD) Toyota Astra Motor berpose dengan Toyota Innova EV di IIMS Hybrid 2022

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat," ujar Henry.

Meneruskan perjalanan sejarahnya, melalui kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept ini Toyota Indonesia kembali ingin membuktikan komitmennya untuk selalu mendukung kebijakan Pemerintah dalam pengembangan dan kemajuan industri otomotif nasional.

Seperti diketahui, melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com