Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Tenaga, Mesin Honda HR-V Vs Hyundai Creta

Kompas.com - 31/03/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda HR-V belum lama ini sudah resmi meluncur. Sport utility vehicle (SUV) bisa jadi lawan yang sepadan untuk Hyundai Creta.

Khususnya, untuk HR-V SE dengan Creta Prime. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing, baik dari desain eksterior, interior, hingga fitur yang disematkan.

Baca juga: Adu Fitur Honda HR-V dan Hyundai Creta, Mana yang Lebih Canggih?

Tapi, soal performa, kedua SUV tersebut sama-sama menggunakan mesin 1.5 L. Selain itu, keduanya juga punya varian yang belum dilengkapi dengan turbocharger.

Mesin Honda HR-VDoc Honda Mesin Honda HR-V

Dapur pacu HR-V SE dilengkapi dengan mesin 1.5 L DOHC, 4-silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 119 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum mencapai 145 Nm pada 4.300 rpm.

Sementara Creta Prime, dibekali mesin Smartstream G1.5 MPI, 4-silinder segaris. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 113 tk pada 6.300 rpm dan torsinya mencapai 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Baca juga: Membandingkan Interior Honda HR-V dengan Hyundai Creta

Jika lihat dari data spesifikasi yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan, di atas kertas terlihat HR-V lebih unggul soal performa, baik dari tenaga maupun torsi yang dihasilkan.

Mesin Hyundai CretaKompas.com/Donny Mesin Hyundai Creta

Baik HR-V SE maupun Creta Prime, keduanya juga dilengkapi mode berkendara. Untuk performa mesin, Kompas.com sudah melakukan pengetesan beberapa waktu lalu.

Tapi, untuk HR-V SE, masih menunggu ketersediaan unit dari PT Honda Prospect Motor (HPM) agar komparasi antara kedua mobil tersebut bisa dijelaskan lebih detail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com