Adu Tenaga, Mesin Honda HR-V Vs Hyundai Creta

Kompas.com - 31/03/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda HR-V belum lama ini sudah resmi meluncur. Sport utility vehicle (SUV) bisa jadi lawan yang sepadan untuk Hyundai Creta.

Khususnya, untuk HR-V SE dengan Creta Prime. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing, baik dari desain eksterior, interior, hingga fitur yang disematkan.

Baca juga: Adu Fitur Honda HR-V dan Hyundai Creta, Mana yang Lebih Canggih?

Tapi, soal performa, kedua SUV tersebut sama-sama menggunakan mesin 1.5 L. Selain itu, keduanya juga punya varian yang belum dilengkapi dengan turbocharger.

Mesin Honda HR-VDoc Honda Mesin Honda HR-V

Dapur pacu HR-V SE dilengkapi dengan mesin 1.5 L DOHC, 4-silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 119 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum mencapai 145 Nm pada 4.300 rpm.

Sementara Creta Prime, dibekali mesin Smartstream G1.5 MPI, 4-silinder segaris. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 113 tk pada 6.300 rpm dan torsinya mencapai 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Baca juga: Membandingkan Interior Honda HR-V dengan Hyundai Creta

Jika lihat dari data spesifikasi yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan, di atas kertas terlihat HR-V lebih unggul soal performa, baik dari tenaga maupun torsi yang dihasilkan.

Mesin Hyundai CretaKompas.com/Donny Mesin Hyundai Creta

Baik HR-V SE maupun Creta Prime, keduanya juga dilengkapi mode berkendara. Untuk performa mesin, Kompas.com sudah melakukan pengetesan beberapa waktu lalu.

Tapi, untuk HR-V SE, masih menunggu ketersediaan unit dari PT Honda Prospect Motor (HPM) agar komparasi antara kedua mobil tersebut bisa dijelaskan lebih detail.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.