BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HONDA PROSPECT MOTOR

Sebelum Membeli, Ketahui Perbedaan 4 Tipe All New Honda BR-V 2022

Kompas.com - 30/03/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com – Sejak diperkenalkan pada September 2021, All New Honda BR-V 2022 langsung menggrebrak pasar mobil Indonesia, khususnya untuk segmen mobil keluarga.

All New Honda BR-V 2022 dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah sport utility vehicle (SUV) serta fungsionalitas dan kenyamanan dari sebuah multi purpose vehicle (MVP).

Selain itu, All New Honda BR-V 2022 juga menawarkan performa berkendara yang menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda. Dengan kelebihan tersebut, tak heran bila mobil teranyar Honda ini jadi pilihan keluarga Indonesia.

Seperti diketahui, All New Honda BR-V 2022 memiliki empat varian, yakni All New Honda BR-V tipe S, tipe E (transmisi M/T dan CVT), Prestige, serta Prestige with Honda Sensing.

Supaya lebih jelas mengenai perbedaan keempat All New Honda BR-V 2022, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini.

1. All New Honda BR-V tipe S

All New Honda BR-V tipe S merupakan varian paling dasar mobil teranyar Honda ini.

Secara umum, All New Honda BR-V 2022 memiliki ukuran dimensinya adalah panjang 4.490 milimeter (mm) x lebar 1.780 mm x tinggi 1.685 mm.

Adapun jarak sumbu roda depan dan belakang pada kendaraan atau wheelbase 2.700 mm. Untuk seri All New Honda BR-V 2022 tipe S, Honda memberikan konfigurasi pelek trim berukuran 16 inci.

All New Honda BR-V tipe S sudah dibekali komponen eksterior berupa Headlamp LED dengan Daytime Running Light (DRL). Penggunaan lampu LED itu sekaligus untuk mempertegas garis bodi All New Honda BR-V yang tegas.

Selain itu, varian tersebut juga sudah dibekali fitur Power Retractable Mirror yang membuat spion bisa dilipat secara elektrik.

Baca juga: Mencoba All New Honda BR-V Prestige, Mobil Berdimensi Besar yang Kuat di Medan Tanjakan

Secara umum, All New Honda BR-V 2022 memiliki konfigurasi kursi tujuh penumpang. Masing-masing baris memiliki ruang kepala dan kaki yang lapang untuk kenyamanan penumpang. Bahkan, penumpang dewasa bisa duduk dengan nyaman di baris ketiga.

Pada bagian dasbor, All New Honda BR-V tipe S sudah dibekali sarana hiburan berupa head unit touchscreen 7 inci komplit dengan smartphone connection. Terdapat juga power outlet dan dua speaker di baris pertama.

Untuk kelengkapan fitur, All New Honda BR-V tipe S sudah dibekali berbagai fitur keselamatan yang menjadi standar mobil keluarga, seperti Hill Start Assist (HSA), 4 airbag, ABS+EBD, ISOFIX+Thether, dan seatbelt reminder. Terdapat juga fitur Vehicle Stability Assist (VSA) untuk menstabilkan manuver kendaraan, bahkan jika roda kemudi diputar secara mendadak.

Untuk urusan performa, semua tipe All New Honda BR-V 2022 dibekali mesin Double Overhead Camshaft (DOHC) i-VTEC 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 121 tenaga kuda pada 6.600 revolutions per minute (rpm) dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Hal ini membuat mesin All New Honda BR-V menjadi yang terbesar di kelasnya.

2. All New Honda BR-V tipe E (M/T dan CVT)

Varian All New Honda BR-V selanjutnya adalah tipe E yang berada naik satu tingkat di atas tipe S. All New Honda BR-V tipe E memiliki dua varian transmisi, yakni transmisi manual atau auto serta Continuously Variable Transmission (CVT).

Seperti diketahui, All New Honda BR-V tipe E memiliki semua spesifikasi yang dimiliki tipe S. Mobil tipe ini juga telah disempurnakan dengan fitur dan spesifikasi tambahan.

Pada eksterior, All New Honda BR-V tipe E dilengkapi lampu LED yang tidak dimiliki tipe S, yakni LED foglamp. Meski memiliki pelek berukuran sama dengan tipe S, All New Honda BR-V tipe E sudah menggunakan pelek berjenis alloy wheels.

Spesifikasi tambahan lainnya adalah kehadiran layar interaktif 4.2 inci thin-film transistor (TFT) Meter Display pada dasbor untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. Sebut saja, jarak tempuh perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta sisa bahan bakar.

Baca juga: Enggak Kalah Tangguh, Ini Persamaan dan Perbedaan All New Honda BR-V 2022 Prestige dan Prestige with Honda Sensing

All New Honda BR-V tipe E juga dilengkapi tambahan power outlet pada baris kedua, selain pada baris pertama. Hal ini membuat penumpang pada baris pertama dan kedua dapat mengisi daya secara langsung. Dengan begitu, kebutuhan akan daya pada perjalanan jauh seperti saat mudik Lebaran dapat diakomodasi.

Untuk tambahan fitur, All New Honda BR-V tipe E dibekali Smart Entry System dan Walk-Away Auto Lock.

Smart Entry System memungkinkan pemilik mobil dapat membuka kunci pada pintu All New Honda BR-V 2022 hanya dengan memegang handle pintu.

Selanjutnya, Walk-away Auto Lock juga dapat dipakai untuk mengunci mobil secara otomatis bila pemilik kendaraan berjalan menjauhi mobil dalam jarak lebih dari dua meter. Fitur ini berguna bila pemilik kendaraan sedang terburu-buru atau lupa mengunci mobil.

Fitur Walk-away Auto Lock terdapat pada All New Honda BR-V tipe E hingga seri di atasnya. DOK. HPM. Fitur Walk-away Auto Lock terdapat pada All New Honda BR-V tipe E hingga seri di atasnya.
Khusus untuk All New Honda BR-V tipe E varian CVT, Honda menyertakan fitur Remote Engine Start. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyalakan mesin dan AC All New Honda BR-V melalui remot tanpa perlu membuka pintu mobil.

3. All New Honda BR-V tipe Prestige

All New Honda BR-V tipe Prestige memiliki semua spesifikasi dan fitur yang dimiliki tipe E. Perbedaannya, All New Honda BR-V tipe Prestige dibekali spesifikasi dan fitur tambahan yang lebih lengkap.

Sebagai contoh, All New Honda BR-V tipe Prestige dibekali pelek allow wheel berukuran 17 inci. Hal ini berbeda dengan ukuran pelek dua varian All New Honda BR-V 2022 di bawahnya yang berukuran 16 inci.

Selanjutnya, varian tertinggi kedua All New Honda BR-V 2022 ini dibekali fitur Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal. Fitur ini membuat spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

Baca juga: Ketahui Perbedaan All New Honda BR-V 2022 dan BR-V Generasi Pertama

Untuk bagian dalam, interior All New Honda BR-V tipe Prestige sudah menggunakan lapisan berbahan kulit, mulai dari kursi, sandaran tangan, sisi pintu, panel dasbor, tuas perseneling, hingga lingkar kemudi. Hal ini membuat tampilan interior tipe Prestige lebih mewah.

Baris kedua tipe Prestige juga telah dilengkapi sandaran lengan. Hal ini berbeda dengan varian di bawahnya yang hanya terdapat pada baris pertama.

Selain itu, power outlet­-nya juga disediakan lengkap hingga baris ketiga. Dengan demikian, penumpang di setiap baris bisa men-charge HP selama perjalanan tanpa khawatir harus mengantre.

4. Honda BR-V 2022 Prestige with Honda Sensing

Terakhir, ada Honda BR-V 2022 Prestige with Honda Sensing yang merupakan varian tertinggi All New Honda BR-V 2022. Honda BR-V 2022 Prestige with Honda Sensing memiliki spesifikasi dan fitur yang sama dengan Honda BR-V 2022 Prestige CVT.

Perbedaannya, varian tertinggi Honda BR-V 2022 ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan eksklusif, yakni Honda Sensing dan Honda Lane Watch.

Sebagai informasi, Honda Sensing merupakan serangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang dalam perjalanan. Berbagai fitur ini akan mengantisipasi pengemudi saat berada pada situasi yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Adapun fitur dari Honda Sensing meliputi Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Auto-High Beam.

LCDN merupakan sistem yang berfungsi untuk mengetahui pergerakan mobil di depan. Sistem akan menginformasikan pengemudi saat kendaraan yang ada di depan mobil berhenti atau mulai menjauh.

All New Honda BR-V 2022 memiliki ruang kabin luas. KOMPAS.com/STANLY RAVEL. All New Honda BR-V 2022 memiliki ruang kabin luas.

Selanjutnya, CMBS adalah sistem yang akan memberitahu pengemudi bila terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan.

CMBS didesain untuk memberi peringatan atau tanda saat potensi berbenturan dapat terjadi. Fitur ini akan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.

LKAS membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi. Fitur ini akan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.

Selanjutnya, RDM berfungsi untuk memberikan peringatan dan melakukan koreksi (jika diperlukan) secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.

ACC membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan. Fitur ini membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila terdapat kendaraan yang terdeteksi berhenti.

Terakhir, Auto-High Beam. Fitur ini membantu meningkatkan visibilitas pengemudi secara otomatis dengan mengganti lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Selain Honda Sensing, Honda BR-V 2022 Prestige with Honda Sensing juga dibekali fitur eksklusif lain, yakni Honda LaneWatch. Fitur ini memberikan pengemudi visibilitas yang lebih luas dari area blind spot.

Fitur Lane Watch memiliki fungsi layaknya kaca spion tambahan, tetapi visual tersebut dihasilkan dari sebuah kamera. Tampilan dari kamera diproyeksikan ke headunit panel instrumen digital.

Itulah empat tipe All New Honda BR-V 2022 yang patut kamu ketahui sebelum membelinya. Untuk diketahui All New Honda BR-V 2022 memiliki rentang harga bervariasi, yakni Rp 278.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe S, Rp 292.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E M/T, dan Rp 302.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E CVT.

Sementara itu, All New Honda BR-V Prestige dihargai sejumlah Rp 324.900.000 serta All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Rp 324.900.000.

Anda bisa mempertimbangkan All New Honda BR-V tipe S, All New Honda BR-V tipe E, serta All New Honda BR-V Prestige bila mencari mobil keluarga yang andal dan harga bersaing di kelasnya.

Ketiga mobil itu menawarkan spesifikasi yang sesuai kebutuhan keluarga dengan harga terjangkau ketimbang varian tertinggi, yakni All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing.

Namun, jika Anda mencari All New Honda BR-V 2022 dengan fitur keamanan yang canggih, All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing layak dijadikan pilihan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai All New Honda BR-V 2022, Anda bisa klik tautan ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.