Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Asap, Ini Tanda Mobil Akan Terbakar

Kompas.com - 25/03/2022, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Mobil tidak luput dari kejadian kebakaran yang terjadi tiba-tiba. Baik mobil lawas atau mobil keluaran terbaru selalu memiliki potensi untuk terbakar.

Hanya saja, Bila pemilik mobil rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan, risiko kejadian ini bisa diminimalisir. Akan tetapi, bila mobil terbakar terjadi saat kendaraan tengah melaju sangatlah berbahaya.

Baca juga: Yamaha Optimistis Penjualan 2022 Meningkat

Hal ini menjadi ancaman bagi pengemudi, penumpang di dalam mobil dan pengguna lalu lintas lainnya.

Asap yang keluar dari mobil kerap dipercaya menjadi tanda dari mobil yang akan kebakaran. Namun, isyarat ini dirasa kurang kuat untuk mendeteksi gejala kebakaran pada kendaraan roda empat.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan mengatakan jika asap tidak bisa menjadi patokan kuat sebagai tanda mobil akan terbakar.

Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

“Asap yang keluar dari mobil akan cepat hilang tersapu udara saat mobil melaju. Oleh karena itu tanda ini sulit di tangkap oleh pengguna mobil,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Adi menyarankan untuk lebih mempertajam penciuman. Hal ini karena tanda mobil segera alami kebakaran saat melaju akan mengeluarkan aroma. 

Baca juga: Jaga Performa Mobil dengan Lakukan Tune Up

Jika telah mendeteksi aroma ini,tandanya ada sesuatu yang tidak beres pada mobil. Jika dibiarkan, potensi kebakaran ini sulit dicegah dan ditangani.

“Mobil yang mengeluarkan asap itu bila intensitas terbakarnya besar. Jika intensitasnya kecil, akan ada bau mudah diterima indera penciuman,” Kata Adi.

Umumnya jika ada benda yang terbakar akan timbul aroma khas sesuatu terbakar. Aroma tersebut akibat terbakarnya berhubungan dengan sistem mesin, baik itu bahan bakar maupun komponen kelistrikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com