Yamaha Optimistis Penjualan 2022 Meningkat

Kompas.com - 25/03/2022, 12:22 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia optimistis penjualan motor bakal meningkat pada 2022. Alasannya melihat pandemi yang perlahan mulai menunjukkan grafik membaik.

Meski demikian Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), enggan menyebut target penjualan tahun ini.

"Ada dong (target). Tapi tidak bisa (sebut angka). Kita kerja kan ada target, target jualan, target marketing pasti ada. Targetnya adalah optimistis jualan sebanyak-banyaknya," kata Anton di Mataram, Lombok, belum lama ini.

Baca juga: Komparasi Biaya Pakai Motor Listrik dan Konvensional Hemat 50 Persen

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

Lebih lanjut Anton mengatakan, tiga bulan pertama tahun ini belum bisa dijadikan acuan apakah Yamaha bakal mencapai target tahunan atau tidak. 

"Kami belum bisa menilai hanya dalam waktu satu dua bulan ini. Belum bisa merefleksikan total penjualan selama satu tahun atau ke depannya akan seperti apa, sebab semuanya masih terus berusaha dan juga masih melihat dengan kondisi yang ada," katanya.

Kendati demikian Anton optimistis pasar akan membaik sesuai dengan prediksi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), yang mengatakan penjualan motor tahun ini bisa tembus 5 juta unit.

"Awal tahun kondisi pandemi meningkat tetapi ya syukurnya setelah Februari mulai melandai lagi. Jadi saya pikir, apa yang sudah diinfrormasikan (AISI) terkait demand mudah-mudahan itu bisa benar di tahun ini," katanya.

Baca juga: ESDM Melanjutkan Program Biodiesel di Indonesia

Presiden Joko Widodo mencoba menaiki Yamaha Xmax saat berkunjung ke pabrik Yamaha di Pulo GadungKompas.com / Fabian Presiden Joko Widodo mencoba menaiki Yamaha Xmax saat berkunjung ke pabrik Yamaha di Pulo Gadung

"Sehingga pertumbuhan penjualan bisa lebih positif semua indusri juga bisa berangsur normal kembali," kata Anton.

Sebelumnya AISI mengatakan kinerja penjualan motor pada 2022 akan sedikit lebih baik dari 2021. Prediksinya penjualan motor nasional bisa tembus antara 5,1 juta sampai 5,4 juta.

Adapun tahun lalu, penjualan motor nasional anggota AISI mencapai 5.057.516 unit. Naik 38 persen dari tahun sebelumnya yaitu 2020 sebesar 3.660.616 unit.

"Selama kita patuh dengan protokol, aktivitas menyesuaikan dengan PPKM dan skala masing-masing daerah, kemudian juga ekonomi tumbuh," ucap Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.