BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HONDA PROSPECT MOTOR

Sedang Mencari Mobil Keluarga? Simak 5 Tips Ini Sebelum Membeli

Kompas.com - 25/03/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com – Memilih kendaraan pribadi seperti mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi, kalau tujuan memilikinya adalah untuk kebutuhan keluarga.

Karena bujet yang akan dikeluarkan untuk kendaraan pribadi cukup besar, pertimbangan membeli harus dilakukan secara matang.

Sayangnya, kebanyakan orang memilih mobil keluarga hanya dengan melihat kapasitas dan luas kabin. Padahal, ada banyak faktor yang dapat menjadi penentu. Terlebih, pilihan mobil keluarga sudah cukup banyak di pasaran.

Lalu, bagaimana cara memilih mobil keluarga yang tepat untuk Anda? Simak ulasannya.

1. Kapasitas penumpang

Tak salah memang jika kapasitas penumpang menjadi pertimbangan utama saat menentukan pilihan mobil keluarga. Idealnya, mobil keluarga mampu menampung banyak orang.

Dengan begitu, mobil dapat digunakan untuk menunjang mobilitas keluarga serta orang terdekat. Contohnya, orangtua, mertua, serta tetangga. Pertimbangkan juga tempat duduk tambahan untuk pengasuh anak bila mereka ikut bepergian.

Setidaknya, mobil keluarga yang dipilih memiliki kapasitas penumpang 7 orang.

2. Kabin dan bagasi lega

Tak hanya memuat banyak penumpang, mobil keluarga ideal juga memiliki kabin yang lega. Hal ini untuk mengantisipasi penumpang dengan berbagai macam postur tubuh.

Baca juga: Mencoba All New Honda BR-V Prestige, Mobil Berdimensi Besar yang Kuat di Medan Tanjakan

Selain itu, ruang kabin yang luas dapat menampung berbagai keperluan, terlebih pada bagian bagasi. Dengan bagasi luas, Anda tidak perlu bingung saat bepergian jauh dan membawa banyak perlengkapan.

3. Irit bahan bakar

Saat memilih mobil keluarga, konsumsi bahan bakar kendaraan sebaiknya menjadi pertimbangan. Terlebih, bila mobil digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti ke kantor, mengantar anak sekolah, serta berbelanja. Mobil keluarga yang boros akan menambah pengeluaran bulanan keluarga.

Untuk mengetahui tingkat keiritan kendaraan, Anda bisa menghitung jarak tempuh mobil per satu liter bahan bakar. Semakin jauh jarak yang ditempuh per liternya berarti mobil semakin irit.

Sebaiknya, kamu meluangkan waktu untuk membaca referensi seputar mesin kendaraan yang hendak dibeli. Selanjutnya, cari tahu berapa jarak tempuh yang bisa dicapai mobil per liternya.

4. Fitur keamanan dan keselamatan

Keselamatan keluarga merupakan prioritas, termasuk saat berkendara. Oleh karena itu, penting untuk memiliki mobil yang dibekali berbagai fitur keamanan dan keselamatan.

Hal itu akan jadi lebih urgent apabila terdapat penumpang balita atau anggota keluarga berusia lanjut.

Baca juga: Ketahui Perbedaan All New Honda BR-V 2022 dan BR-V Generasi Pertama

Aspek tersebut mempertimbangkan mobil yang memiliki berbagai fitur keselamatan, seperti sabuk pengaman, child safety lock, air bag, anti-lock braking system, forward crash running, serta blind spot monitoring.

5. Sesuaikan bujet

Hal terakhir sekaligus paling penting adalah bujet. Sebelum membeli mobil, pastikan mobil yang dipilih sesuai dengan bujet atau kondisi finansial.

Setelah mempertimbangkan empat hal sebelumnya, biasanya pilihan mobil keluarga yang cocok akan mengerucut. Dari situ, kamu bisa menghitung apakah bujet yang dimiliki masuk dengan kriteria mobil pilihan.

Semakin besar budget yang dimiliki, maka Anda akan semakin leluasa untuk menentukan mobil terbaik. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Bila punya bujet terbatas, Anda harus lebih pintar dan cermat dalam menentukan mobil pilihan.

Baca juga: Enggak Kalah Tangguh, Ini Persamaan dan Perbedaan All New Honda BR-V 2022 Prestige dan Prestige with Honda Sensing

Untuk kelas entry level, salah satu mobil yang dapat anda pertimbangkan adalah All New Honda BR- V 2022. Pasalnya, mobil tersebut memadukan ketangguhan dari mobil sport utility vehicle (SUV) dan kenyamanan kabin serta fungsionalitas dari sebuah multi purpose vehicle (MPV).

Sebagai informasi, All New Honda BR-V 2022 memiliki empat varian, yakni All New Honda BR-V tipe S, tipe E, tipe Prestige, serta tipe Prestige with Honda Sensing.

All New Honda BR-V 2022 memiliki dimensi mobil panjang 4.490 x lebar 1.780 x tinggi 1.685 milimeter (mm) dan wheelbase 2.662 mm. Dengan dimensi ini, All New Honda BR-V 2022 mampu menampung tujuh orang dan penumpang dewasa bisa duduk nyaman hingga baris ketiga. Ruang kabin dan bagasi All New Honda BR-V 2022 pun terluas di kelasnya.

Ruang kepala dan kaki yang lega juga tersedia di semua baris untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang. Seluruh kursinya juga dilengkapi headrest yang bisa disesuaikan dengan posisi kepala penumpang.

All New Honda BR-V 2022 memiliki ruang kabin yang luas. DOK. HPM. All New Honda BR-V 2022 memiliki ruang kabin yang luas.
Pada baris pertama, mobil tersebut dilengkapi dengan 1st Row Console Armrest atau sandaran lengan. Sektor dashboard terlihat modern berkat kehadiran head unit layar sentuh 7 inci, AC digital, serta layar interaktif 4,2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Meter Display.

Ruang kargo di belakang All New Honda BR-V 2022 pun cukup luas untuk membawa koper atau barang untuk perjalanan jarak jauh. Bila membutuhkan ruang lebih lebih luas, kursi di baris ketiga bisa dilipat untuk memuat barang sesuai kebutuhan.

Khusus untuk tipe BR-V 2022 tipe Prestige, sandaran lengan hadir pada baris kedua melalui 2nd Row Seat Armrest.

Untuk mendukung perjalanan jarak jauh, Honda BR-V 2022 menyediakan power outlet yang tersedia di area konsol depan, baris kedua, dan baris ketiga, tergantung dengan tipe All New Honda BR-V yang dipilih. Power outlet ini memiliki kapasitas pengisian daya hingga 12 volt (V).

All New Honda BR-V Prestige telah dibekali berbagai fitur canggih. Salah satunya adalah fitur Smart Entry System. Fitur ini memungkinkan pemilik mobil dapat membuka pintu All New Honda BR-V Prestige tanpa perlu memencet remot saat sudah berada di dekat mobil.

Fitur Smart Entry System juga dapat mengunci mobil secara otomatis bila pemilik kendaraan menjauhi mobil dalam jarak lebih dari dua meter. Fitur ini berguna bila pemilik kendaraan sedang terburu-buru atau lupa mengunci mobil.

Selanjutnya, ada fitur Remote Engine Start (juga terdapat di Honda BR-V 2022 tipe E CVT). Fitur ini membuat pengguna dapat menyalakan mesin dan AC All New Honda BR-V Prestige melalui remot tanpa perlu membuka pintu mobil.

Untuk urusan performa, semua tipe pada All New Honda BR-V sama-sama mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbarui. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 121 tenaga kuda pada 6.600 revolutions per minute (rpm) dan torsi maksimum 145 Newton meter (Nm) pada 4.300 rpm. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga terbesar di kelasnya.

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Honda BR-V berkisar 11-17 kilometer-per liter (kpl), tergantung kecepatan dan situasi medan yang dilalui.

Dengan ground clearance setinggi 220 mm, All New Honda BR-V dapat mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah banyak tanpa khawatir terjadi gesekan di bagian bawah mobil dengan permukaan jalan.

Interior All New Honda BR-V 2022. DOK. HPM. Interior All New Honda BR-V 2022.

Sebagai informasi, All New Honda BR-V 2022 memiliki rentang harga bervariasi, yakni Rp 278.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe S, Rp 292.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E M/T, dan Rp 302.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E CVT.

Sementara itu, All New Honda BR-V Prestige dihargai sejumlah Rp 324.900.000 serta All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Rp 324.900.000.

Bila mencari mobil keluarga yang andal dan harga bersaing di kelasnya, Anda bisa mempertimbangkan All New Honda BR-V tipe S, All New Honda BR-V tipe E, serta All New Honda BR-V Prestige.

Ketiga mobil itu menawarkan spesifikasi yang sesuai kebutuhan keluarga dengan harga lebih murah ketimbang varian tertinggi, yakni All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing.

Namun, jika Anda mencari All New Honda BR-V 2022 dengan fitur keamanan yang canggih, All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing layak dijadikan pilihan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai All New Honda BR-V 2022, Anda bisa klik tautan ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.