Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mesin Mobil Overheat Picu Kebakaran?

Kompas.com - 25/03/2022, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 


JAKARTA, KOMPAS.com— Kasus mobil yang kebakaran menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Biasanya, ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya mobil terbakar.

Mulai dari korsleting komponen kelistrikan hingga kebocoran oli menjadi penyebab umum kasus kendaraan roda empat terbakar.

Namun, ada pula yang menyatakan bila kondisi mesin yang overheat mampu menyebabkan mobil kebakaran.

Baca juga: Sedang Mencari Mobil Keluarga? Simak 5 Tips Ini Sebelum Membeli

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, jika mesin mobil yang alami overheat belum tentu menjadi faktor utama pemicu kendaraan terbakar.

Mesin mobil yang overheat itu bisa iya bisa tidak jadi penyebab mobil terbakar. Jika berdasarkan pengalaman saya, biasanya overheat tidak sampai bisa menyebabkan kebakaran,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini.

Mobil terbakar di Jalan Curug, Tanah Baru, Beji, Kota Depok, pada Kamis (17/2/2022). 

Istimewa Mobil terbakar di Jalan Curug, Tanah Baru, Beji, Kota Depok, pada Kamis (17/2/2022).

Adi menyebutkan jika kondisi mesin mobil yang terbakar karena overheat kemungkinannya kecil. Oleh karena itu, faktor ini tidaklah sepenuhnya benar atau salah.

Overheat sendiri merupakan kondisi mesin mobil yang alami suhu panas melebihi batas wajar. Air radiator yang habis menjadi pemicu gejala overheat pada mesin mobil.

Saat mesin mobil berada di suhu panas paling tinggi, mayoritas hanya memicu kerusakan beberapa komponen internal mobil yang menyebabkan mogok.

Baca juga: Komparasi Biaya Pakai Motor Listrik dan Konvensional Hemat 50 Persen

Namun, kemungkinan terjadinya kebakaran karena mesin mobil overheat akan masuk akal jika pompa radiator pecah sehingga air radiator mengenai bagian kabel yang terkelupas.

Maka dari itu timbul korsleting listrik yang memicu mobil kejadian mobil terbakar. Akan tetapi, kejadian ini jarang sekali terjadi pada mobil.

“Kecuali ada yang bocor atau sampai meledak dan pecah dari kondisi mobil overheat, maka dari itu bisa picu mobil terbakar. Tapi ini jarang terjadi,” kata Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com