Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Cuaca Ekstrim, Hati-hati Pilih Area Parkir Mobil

Kompas.com - 24/03/2022, 18:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca ekstrim di sejumlah wilayah di Jakarta menyebabkan banyak pohon tumbang yang menimpa pengguna jalan.

Dikutip Megapolitan.Kompas.com, ada peristiwa pohon tumbang yang terjadi di delapan kecamatan di Jakarta Pusat.

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Kecelakaan Berulang di Jalan, Hasil Investigasi KNKT

Salah satunya adalah pohon yang menimpa sebuah Kijang Innova iakibat hujan deras dan angin kencang di Jalan Rawasari Selatan, Cempaka, Jakarta Pusat, Rabu (23/3/2022).

Pemilik mobil tersebut menjelaskan insiden tersebut terjadi saat mobil diparkir di sekitar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cempaka Putih.

Beruntung, tidak ada korban jiwa walaupun pemilik kendaraan dan dua anggota keluarganya berada di dalam mobil. Namun, mobil tersebut ringsek pada bagian depan.

Memarkirkan mobil di area yang banyak pohon memiliki banyak risiko. Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan ada beberapa area yang rawan dijadikan tempat parkir saat cuaca sedang tidak baik, seperti hujan dan angin kencang.

Ia juga mengatakan, salah satu lokasi yang sebaiknya dihindari saat hujan adalah di bawah pohon besar.

Sebanyak lima mobil mewah berpelat nomor sama berjejer di parkiran Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022)ISTIMEWA Sebanyak lima mobil mewah berpelat nomor sama berjejer di parkiran Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022)

"Hal ini karena pohon-pohon besar biasanya rawan tumbang, terutama saat terjadi hujan yang disertai angin kencang," ujar Jusri.

Area parkir terbuka dengan kontur cekung juga tidak disarankan, karena berisiko tergenang air saat hujan deras. Jusri mengatakan, pemilik kendaraan sebaiknya memastikan terlebih dulu ke petugas parkir, apakah lokasi parkir tersebut rawan banjir atau tidak.

Baca juga: All New Honda HR-V Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 350 Jutaan

Kemudian, parkir di bawah papan reklame. Papan reklame yang tinggi juga rentan roboh saat terjadi hujan deras yang disertai angin kencang.

Jusri menyarankan salah satu tempat parkir yang aman jika kondisi cuaca sedang tidak baik, yaitu parkir basement.

"Basement juga aman, namun harus dipastikan bahwa lokasi gedungnya tidak berpotensi terkena banjir. Sebab pernah terjadi basement mobil tenggelam akibat banjir," ucap Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com