Pengaruh WorldSBK dan MotoGP ke Penjualan Yamaha Indonesia

Kompas.com - 24/03/2022, 13:27 WIB
|


MATARAM, KOMPAS.com - Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Sirkuit Mandalika sudah menggelar dua kali ajang balap motor tingkat dunia yaitu WorldSBK dan MotoGP pada Maret 2022.

Dua ajang ini punya penggemar yang besar di Indonesia. Lantas apakah kedua ajang ini secara signifikan ikut mendongkrak penjualan Yamaha di segmen bike bike atau motor gede (moge).

Baca juga: Motor Listrik Budi Luhur Ikut Mejeng di Sirkuit Mandalika

Pebalap Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, dampak WorldSBK dan MotoGP pada penjualan mesti dilihat lebih luas.

"Kalau MotoGP kan baru sekali ini, tentunya harapannya bukan hanya motor CBU, tapi tentunya dengan adanya Motogp adanya market motor sendiri, brand juga akan memperngaruhi brand," kata Anton di Mataram, Lombok, belum lama ini.

"Dengan adanya MotoGP mereka juga bisa lihat Yamaha bertarung di MotoGP, membuat citra Yamaha semakin kuat dan harapannya juga berimbasnya pada penjualan," katanya.

Baca juga: Perjalanan Mudik Diperbolehkan, Kemenhub Siapkan Petunjuk Teknis

Suasana para penonton MotoGP Mandalika pada Minggu (20/3/2022).KOMPAS.com/Elsa Catriana Suasana para penonton MotoGP Mandalika pada Minggu (20/3/2022).

Anton mengatakan adanya MotoGP memancing industri kembali bergerak. Sebab selama dua tahun semua sektor termasuk oomotif lesu terkena dampak Covid-19.

"Kita bisa lihat, dua tahun terakhir dengan kondisi pandemi semua sektor semua industri terkena dampak tapi di awal 2022 ini sudah mulai kita ada perhelatan besar," ungkap Anton.

"Harapannya kemarin ada penonton, jadi saya pikir ini positif buat pertumbuhan industri terutama sepeda motor, dan termasuk juga demand dan harapannya bisa kembali ke kondisi sebelum pandemi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.