Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat beberapa kebiasaan yang diyakini dapat merusak komponen pada AC mobil.

Salah satunya, yang paling umum ialah anggapan bahwa membuka kaca mobil saat kondisi AC menyala dapat membuatnya menjadi tidak dingin dan tidak berfungsi optimal.

Lantas, apakah kebiasaan ini benar dapat merusak komponen AC mobil?

Pemilik bengkel spesialis AC mobil Premium 99 Muhammad Gunawan membenarkan bahwa kebiasaan ini bisa merusak AC mobil dalam jangka waktu yang panjang.

"Karena udara luar membawa kotoran masuk ke dalam kabin. Kotoran ini nantinya yang akan bersarang di komponen filter kabin dan membuat kerja kompresor membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai temperatur ruangan yang diinginkan," ucap Gunawan seperti dikutip Kompas.com.

Saat kaca mobil dibuka dan AC masih menyala, udara yang masuk ke dalam kabin tidak terfiltrasi dan justru masuk ke dalam komponen AC.

Kotoran yang masuk ke dalam filter inilah yang dapat merusak kinerja AC mobil. Maka, penting bagi pemilik kendaraan untuk mengecek kebersihan filter agar kinerja AC tetap terjaga.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, saat ini mobil memang sudah dilengkapi dengan cabin air filter.

"Mobil sekarang sudah dilengkapi dengan cabin air filter, yang berfungsi untuk mencegah kotoran dari dalam kabin masuk ke dalam evaporator dan dapat menyebabkan kerusakan evaporator," kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Didi mengatakan, perlu dilakukan pemeriksaan dan penggantian filter secara berkala. Agar filter tetap bersih dan dapat menyaring udara yang masuk ke dalam kabin mobil.

Agar tidak cepat kotor, maka pemilik kendaraan disarankan untuk tidak menyalakan AC saat akan membuka kaca mobil, sehingga kinerja cabin air filter tidak terlalu berat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/23/161200315/hati-hati-kebiasaan-ini-bisa-bikin-ac-mobil-cepat-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke