Kompas.com - 23/03/2022, 11:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) diketahui akan meluncurkan sebuah mobil baru pada Rabu (23/3/2022) siang.

Dalam undangan yang diterima Kompas.com, PT HPM menuliskan siap meluncurkan mobil baru dengan cara virtual. Namun sayangnya, dalam undangan tersebut Honda masih merahasiakan produk apa yang bakal diluncurkan.

"PT Honda Prospect Motor siap memberikan kejutan dan memanjakan para pelanggan di Indonesia dengan menghadirkan mobil baru yang akan melengkapi barisan kendaraan Honda," tulis narasi undangan tersebut.

Baca juga: Tanpa Honda Sensing, All New BR-V Tetap Tampil Impresif

Namun kuat dugaan mobil tersebut merupakan versi facelift dari Honda HR-V.

Seperti diketahui, belum lama ini beredar di media sosial yang memperlihatkan HR-V terbaru sedang melakukan pengambilan gambar. Lokasinya dikabarkan di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Jika dilihat dari sisi eksterior, tampilannya kurang lebih mirip dengan HR-V yang sudah lebih dulu meluncur di Thailand. Perbedaannya mungkin di bagian knalpot. HR-V yang akan meluncur di Indonesia menggunakan model dual split muffler.

Honda All New HR-V hybrid yang sudah meluncur di Thailand pada November 2021Sattaphan Kantha Honda All New HR-V hybrid yang sudah meluncur di Thailand pada November 2021

Untuk tipe RS, nampaknya akan dilengkapi dengan panoramic roof. Ada yang unik dari atap kaca tersebut. Untuk membuka penutupnya dilakukan secara manual dan bisa dilepas untuk disimpan di bagasi. Selain itu, bisa dipasang hanya sebelah saja, kiri atau kanan.

Indikasi kuat HR-V akan meluncur juga ditandai dengan mobil ini yang terdaftar dalam situs Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta. Mobil tercatat pada nomor 32 sampai 35 dalam kategori Minibus dengan kode nama HR-V 1.5L E CVT sampai HR-V 1.5T RS CVT.

Pada catatan tersebut, tercatat ada empat varian All New HR-V yang didaftarkan, yakni 1.5 E CVT, 1.5L S CVT, 1.5L SE CVT, dan 1.5T RS CVT.

Bisa dilihat dari data tersebut, varian 1.5T RS CVT menjadi spek paling tinggi. Diduga, varian 1.5 RS CVT ini akan menggantikan varian 1.8L Prestige yang menjadi pilihan tipe paling tinggi HR-V pada generasi yang saat ini dijual di Indonesia.

NJKB Honda HR-V NJKB Honda HR-V

Baca juga: Catat, Syarat Bumil yang Boleh Mengendarai Mobil

Mengenai mesinnya, diperkirakan All New HR-V menggunakan 1.500 cc turbo yang bisa ditemui pada CR-V, Civic, dan Accord. Mengenai tenaganya, memang masih belum pasti berapa, namun rentangnya bisa di antara output Civic (175,5 Tk) dan CR-V (187,4 Tk).

Sedangkan jika dibandingkan dengan varian 1.8L Prestige yang saat ini masih dijual, mesinnya menghasilkan tenaga 139 Ps (137 Tk). Sangat menarik untuk menunggu spesifikasi lengkap dari All New HR-V yang akan dijual di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.