Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Pentingnya Istirahat Sebelum Berkendara

Kompas.com - 21/03/2022, 10:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi tidak dalam kondisi fit masih kerap terjadi. Peristiwa ini kerap terjadi akibat kurangnya persiapan pengemudi sebelum berkendara, seperti kurang tidur atau istirahat yang cukup.

Belakangan ini terjadi lagi kecelakaan yang melibatkan Toyota Innova, terjungkal ke dasar sungai di Kelurahan Salubarani, Kecamatan Gandasil, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Dikutip dari Regional.Kompas.com, kecelakaan ini terjadi pada Minggu (20/3/2022) dini hari. Upaya penyelamatan dilakukan oleh Kepolisian Resor Tana Toraja dan warga setempat dengan menggunakan alat bantuan seadanya, untuk menyelamatkan penumpang yang terjebak di dalam mobil.

Baca juga: Diduga Sopir Mengantuk, Toyota Avanza Nyebur ke Sungai

"Mobil bergerak dari arah selatan ke utara diduga mengantuk, kehilangan kendali kemudian terjun ke sungai, akibat dari kejadian tersebut satu penumpang mobil meninggal dunia, satu orang lainnya masih dalam pencarian," jelas Kasat Lantas Polres Tana Toraja, IPTU Adnan Leppang melalui rilis yang dikutip Kompas.com.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan pentingnya istirahat sebelum berkendara, khususnya jika pengemudi akan berkendara jarak jauh.

Ia menekankan, hanya satu obat mengantuk saat mengemudi, yaitu tidur atau istirahat sejenak. Mengemudi maksimal wajib diselingi dengan istirahat.

Kepolisian Resor Tana Toraja bersama warga setempat melakukan upaya penyelaamatan dengan menggunakan alat seadanya guna menyelamatkan korban yang terjebak dalam mobil minibus bernomor polisi DP1481KC yang mengangkut satu keluarga, terjungkal ke dasar sungai di Kelurahan Salubarani, Kecamatan Gandasil, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, sejak Minggu (20/3/2022) dini hari tadiMUH. AMRAN AMIR Kepolisian Resor Tana Toraja bersama warga setempat melakukan upaya penyelaamatan dengan menggunakan alat seadanya guna menyelamatkan korban yang terjebak dalam mobil minibus bernomor polisi DP1481KC yang mengangkut satu keluarga, terjungkal ke dasar sungai di Kelurahan Salubarani, Kecamatan Gandasil, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, sejak Minggu (20/3/2022) dini hari tadi

Baca juga: Sesi Pemanasan MotoGP Mandalika, Marquez Kecelakaan Fatal

"Microsleep, atau ngantuk, lelah, sebenarnya obatnya cuma tidur. Memang banyak sekali kita melewati atau melakukan perjalanan jauh ini tidak melakukan aktivitas istirahat secara berkala," ujar Sony pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Saat istirahat, Sony melanjutkan, penting bagi pengemudi untuk merangsang kerja saraf, otak dan otot. Istirahat yang dilakukan tidak hanya sekedar stretching untuk merenggangkan badan.

"Waktu kita beristirahat, saraf, otak dan otot yang harus dirangsang. DI-refresh. Jadi, tiga-tiganya itu harus menjadi penekanan ketika harus istirahat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com