Oliveira Ungkap Alasan Mengapa Bisa Menang di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 21/03/2022, 07:22 WIB

MANDALIKA, KOMPAS.com - Miguel Oliveira mencatatkan diri sebagai pebalap pertama yang memenangkan Pertamina Grand Prix of Indonesia, yang berlangsung Minggu (20/3/2022).

Pebalap pabrikan KTM itu tampil konsisten sepanjang balapan. Mulai start dari posisi ketujuh, Oliveira langsung menyodok ke posisi kedua setelah mendapatkan start yang bagus.

Usai balapan, rider asal Portugal itu mengatakan dia bisa berhasil di MotoGP Mandalika karena start yang baik 2022. Tanpa itu dia akan kesulitan merangsek ke depan.

"Tanpa awal yang baik ini balapan bisa jadi sedikit berbeda bagi saya. Saya benar-benar tidak bisa melihat apa pun di belakang para pebalap," katanya mengutip Crash.net, Senin (21/3/2022).

Baca juga: Alasan Kenapa Wanita Lebih Suka Mobil Matik

Penonton menyaksikan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Penonton menyaksikan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

“Dengan semua semprotan dan hujan di visor, pasti sulit untuk melihat garis dan presisi. Juga untuk menilai level grip," katanya.

Saat balapan Oliveria mengatakan dia akhirnya paham batasan sejauh mana bisa menekan motornya di kondisi trek basah karena hujan.

“Saya pikir pada akhir balapan saya bisa memahami lebih banyak dan seberapa besar saya bisa mendorong, tetapi balapan 20 lap berturut-turut dalam hujan atau dibandingkan dengan latihan sangat berbeda," ucap dia, mengungkapkan.

"Anda dapat menjelajahi lebih banyak titik pengereman di latihan, atau melebar, atau mendinginkan ban," kata Oliveira.

Miguel Oliveira dedikasikan kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, staf hotel tempatnya menginap. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Miguel Oliveira dedikasikan kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, staf hotel tempatnya menginap. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai Laga di Sirkuit Mandalika

Untuk itu kata dia penting untuk memulai balapan dengan start yang baik. Oliveira pun mengatakan di awal posisinya bisa bagus sebab membuntuti Jack Miller.

“Untungnya, saya membuat awal yang baik dan setelah itu saya sedikit mengikuti Jack (Miller) dan bisa lebih mengerti," katanya.

“Kemudian itu hanya tentang membangun jarak dan mengendalikan balapan. Jika balapan memiliki tujuh putaran lagi, saya tidak tahu (apakah mungkin menang) karena Fabio datang dengan cukup kuat,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Crash.net


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.