Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pil Pahit Marquez yang Kecewa Lewatkan Ajang Perdana MotoGP Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez harus menelan pil pahit lantaran tak bisa mengikuti laga seri kedua MotoGP atau Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Pebalap Repsol Honda ini mengalami highside crash ketika menjalani sesi pemanasan pada Tikungan 7.

Meski masih bisa bangkit, namun Marquez langsung dilarikan ke rumah sakit Mataram untuk pemeriksaan lebih lanjut yang hasilnya menyatakan dalam kondisi tidak fit akibat cedera kepala.

Menanggapi insiden tersebut, pebalap yang kerap dijuluki Baby Alien merasa kecewa. Namun dia sendiri tak bisa berbuat banyak dan harus menerima keputusan final untuk tidak berlaga di MotoGP Mandalika.

"Saya pergi ke rumah sakit setempat dan sementara tidak ada masalah serius, diputuskan bahwa saya tidak boleh balap. Tentu saja memalukan, tapi (itu) keputusan terbaik," lanjut pebalap asal Spanyol itu.

Dari hasil diagnosis, Marquez dikabarkan mengalami cedera gegar otak ringan dan memar pada beberapa bagian tubuhnya imbas crash yang dialami ketika sesi pemanasan.

Meski demikian, Angel Charte, Direktur Medis MotoGP mengatakan, dari hasil tes beberapa radiologi tidak ditemukan adanya cedera serius pada pebalap Repsol Honda tersebut.

"Dia (Marc Marquez) mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan cedera kepala, hasil beberapa tes radiologi Marquez negatif," ujar Charte dikutip dari MotoGP.

"Namun mempertimbangkan jenis patologi dan kesepakatan dengan pebalap serta Repsol Honda, staf medis MotoGP menyatakan Marquez tidak fit untuk balapan," katanya.

Manajer Repsol Honda Alberto Puig, juga mengatakan hal senada. Dia menjelaskan terpaksa harus memutuskan Marquez tak menjalankan kompetisi di Mandalika untuk masa pemulihan.

"Itu kecelakaan yang besar, gegar di kepala. Biasanya jenis kecelakaan ini perlu waktu untuk pulih dan bukan ide yang sangat aman untuk mengirimnya ke motor sehingga kami memutuskan hal terbaik yang harus dilakukan adalah melewatkan Grand Prix ini dan mencoba untuk pulih," ucap Puig.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/21/084200715/pil-pahit-marquez-yang-kecewa-lewatkan-ajang-perdana-motogp-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke