Kompas.com - 18/03/2022, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) belum lama ini meluncurkan beberapa produk menuju berlakunya regulasi standar emisi Euro4 di Indonesia.

Tak hanya truk, sasis bus untuk memenuhi kebutuhan angkutan penumpang juga ikut diperkenalkan. Hino sendiri menjadi salah satu merek yang menjadi favorit para pengusaha, bersaing dengan merek asal eropa.

Salah satu yang diperkenalkan adalah Hino AK 240. Sasis bus besar bermesin depan ini merupakan generasi penerus dari A 215 yang biasanya digunakan untuk bus-bus kelas ekonomi di Indonesia.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan kalau Jumpa Bus Ngeblong di Jalan?

bus mesin depanfuat cepat selamat bus mesin depan

Secara umum, bentuk sasis tetap sama, yakni memakai ladder frame dan masih menggunakan per daun. Namun secara kekuatan, GVW dari AK 240 meningkat, dari yang sebelumnya 14,2 ton (A 215) menjadi 15 ton.

Kemudian soal mesin, tentu menjadi ubahan utama karena kini harus lolos standar emisi Euro4. Mesin yang digunakan kini berkode J08E-WF dengan adanya tambahan common rail, Exhaust Gas Recirculation (EGR), Diesel Oxidation Catalyst dan ECU.

Baca juga: Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan Formula 1 Resmi Dimulai

Hasilnya, mesin diesel enam silinder segaris itu mengalami peningkatan tenaga dan torsi. Tenaganya kini 240 PS atau setara 236,7 TK di 2.500 rpm dan torsi 715 Nm di rpm 1.500.

Kemudian di sektor pengereman, AK 240 kini sudah menggunakan model Full Air Brake (FAB) yang lebih aman. Sedangkan untuk generasi sebelumnya yakni A 215, masih menggunakan Air Over Hydraulic (AOH).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.