Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi Hino AK 240, Jagoan Bus Kelas Ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) belum lama ini meluncurkan beberapa produk menuju berlakunya regulasi standar emisi Euro4 di Indonesia.

Tak hanya truk, sasis bus untuk memenuhi kebutuhan angkutan penumpang juga ikut diperkenalkan. Hino sendiri menjadi salah satu merek yang menjadi favorit para pengusaha, bersaing dengan merek asal eropa.

Salah satu yang diperkenalkan adalah Hino AK 240. Sasis bus besar bermesin depan ini merupakan generasi penerus dari A 215 yang biasanya digunakan untuk bus-bus kelas ekonomi di Indonesia.

Secara umum, bentuk sasis tetap sama, yakni memakai ladder frame dan masih menggunakan per daun. Namun secara kekuatan, GVW dari AK 240 meningkat, dari yang sebelumnya 14,2 ton (A 215) menjadi 15 ton.

Kemudian soal mesin, tentu menjadi ubahan utama karena kini harus lolos standar emisi Euro4. Mesin yang digunakan kini berkode J08E-WF dengan adanya tambahan common rail, Exhaust Gas Recirculation (EGR), Diesel Oxidation Catalyst dan ECU.

Hasilnya, mesin diesel enam silinder segaris itu mengalami peningkatan tenaga dan torsi. Tenaganya kini 240 PS atau setara 236,7 TK di 2.500 rpm dan torsi 715 Nm di rpm 1.500.

Kemudian di sektor pengereman, AK 240 kini sudah menggunakan model Full Air Brake (FAB) yang lebih aman. Sedangkan untuk generasi sebelumnya yakni A 215, masih menggunakan Air Over Hydraulic (AOH).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/18/160200315/spesifikasi-hino-ak-240-jagoan-bus-kelas-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke