Kompas.com - 15/03/2022, 19:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia akan diselenggarakan pada akhir pekan ini di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. Namun, perlu diingat bahwa status PPKM di Nusa Tenggara Barat masih Level 1.

Gelaran seri kedua MotoGP 2022 ini akan dihelat di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional akan terus mendampingi proses pelaksanaan vaksinasi Corona selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto menegaskan bahwa vaksinasi menjadi tameng dalam mencegah penularan Covid-19.

Baca juga: Masuk ke Race Control Sirkuit Mandalika, Pusat Kendali Balapan

“Tameng untuk menghadapi dan melawan apapun jenis varian COVID-19 yang ada saat ini adalah dengan vaksinasi,” kata Suharyanto, dalam arahannya saat menghadiri pertemuan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Selasa (15/3/2022).

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok. Dok. Chaerul Manek Ismail/Shutterstock.com Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok.

Mantan Pangdam V/Brawijaya itu menyatakan bahwa BNPB dan Satgas Penanganan COVID-19 sudah mendampingi mulai dari pra-kegiatan dengan pelaksanaan vaksinasi dan pembagian masker secara masif di Lombok Tengah, hingga menjelang kegiatan berlangsung.

“Pelaksanaan MotoGP kita yakinkan betul aman dari potensi penularan Covid-19,” kata Suharyanto.

Suharyanto mengatakan, dirinya turut mengapresiasi keseriusan pemerintah daerah serta dukungan kolaborasi lintas sektor. Dukungan tersebut mampu membuat NTB menjadi satu-satunya provinsi dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Baca juga: MGPA Nyatakan Lintasan Sudah Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar MotoGP

Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa NTB, khususnya Lombok Tengah, siap menyambut perhelatan MotoGP dan membangun kepercayaan dari masyarakat nasional dan internasional.

Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Mandalika siap menjadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret mendatang dan optimistis penyelenggaran akan sukses dilaksanakan.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara suasana Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Mandalika siap menjadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret mendatang dan optimistis penyelenggaran akan sukses dilaksanakan.

“Kita siap menyambut MotoGP dan hal ini menjadi bentuk kepercayaan publik secara nasional maupun internasional terhadap Indonesia,” ujar Suharyanto.

Selain menggencarkan vaksinasi, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto menyebut pihaknya telah membuat skema travel bubble terkait protokol kesehatan untuk seluruh peserta dan penonton MotoGP Mandalika 2022.

Skema travel bubble tersebut berlaku untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) baik pebalap, tim pendukung, dan penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

"Para pebalap dan pendukung yang tiba di Bandara Internasional Lombok dengan pesawat carter akan langsung melakukan pengecekan status Covid-19 melalui PeduliLindungi, e-Hac, pemeriksaan imigrasi, dan baru bisa melakukan pengambilan barang," kata Hadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.