Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang MotoGP Mandalika, Status PPKM di NTB Level 1

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia akan diselenggarakan pada akhir pekan ini di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. Namun, perlu diingat bahwa status PPKM di Nusa Tenggara Barat masih Level 1.

Gelaran seri kedua MotoGP 2022 ini akan dihelat di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional akan terus mendampingi proses pelaksanaan vaksinasi Corona selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto menegaskan bahwa vaksinasi menjadi tameng dalam mencegah penularan Covid-19.

“Tameng untuk menghadapi dan melawan apapun jenis varian COVID-19 yang ada saat ini adalah dengan vaksinasi,” kata Suharyanto, dalam arahannya saat menghadiri pertemuan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Selasa (15/3/2022).

Mantan Pangdam V/Brawijaya itu menyatakan bahwa BNPB dan Satgas Penanganan COVID-19 sudah mendampingi mulai dari pra-kegiatan dengan pelaksanaan vaksinasi dan pembagian masker secara masif di Lombok Tengah, hingga menjelang kegiatan berlangsung.

“Pelaksanaan MotoGP kita yakinkan betul aman dari potensi penularan Covid-19,” kata Suharyanto.

Suharyanto mengatakan, dirinya turut mengapresiasi keseriusan pemerintah daerah serta dukungan kolaborasi lintas sektor. Dukungan tersebut mampu membuat NTB menjadi satu-satunya provinsi dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa NTB, khususnya Lombok Tengah, siap menyambut perhelatan MotoGP dan membangun kepercayaan dari masyarakat nasional dan internasional.

“Kita siap menyambut MotoGP dan hal ini menjadi bentuk kepercayaan publik secara nasional maupun internasional terhadap Indonesia,” ujar Suharyanto.

Selain menggencarkan vaksinasi, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto menyebut pihaknya telah membuat skema travel bubble terkait protokol kesehatan untuk seluruh peserta dan penonton MotoGP Mandalika 2022.

Skema travel bubble tersebut berlaku untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) baik pebalap, tim pendukung, dan penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

"Para pebalap dan pendukung yang tiba di Bandara Internasional Lombok dengan pesawat carter akan langsung melakukan pengecekan status Covid-19 melalui PeduliLindungi, e-Hac, pemeriksaan imigrasi, dan baru bisa melakukan pengambilan barang," kata Hadi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/15/190533115/jelang-motogp-mandalika-status-ppkm-di-ntb-level-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke