Bus Pertama dengan Sasis Hino RM 280, Pakai Bodi Jetbus Single Glass

Kompas.com - 11/03/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) belum lama ini memperkenalkan lini produk kendaraan terbarunya. Produk yang diluncurkan sudah sesuai dengan standar emisi Euro4.

Salah satu produk yang diperkenalkan adalah sasis bus besar dengan mesin belakang, yakni RM 280. Sasis ini pun menjadi produk bus besar Hino pertama yang menggunakan space frame.

Keunggulan dari space frame adalah bagasinya yang bisa dibuat tembus dari kanan ke kiri. Model sasis seperti ini disukai para pengusaha bus karena bisa mengangkut lebih banyak barang karena bagasinya yang lega.

Baca juga: Jajaran Bus Hino yang Sudah Standar Euro4

Hino RM 280DOK. ADIPUTRO Hino RM 280

Pada acara peluncuran yang dilakukan di tempat tes Hino di area Cikarang, sasis terbaru Hino ini sudah dibalut dengan bodi Jetbus 3+ MHD buatan Karoseri Adiputro.

Biasanya, bodi Jetbus MHD ini identik dengan sasis Mercedes Benz OH 1626 mengingat modelnya yang juga sudah space frame. Namun mulai saat ini, akan sering ditemui Jetbus MHD lainnya yang menggunakan sasis Hino.

Membahas bodinya, Jetbus MHD punya dimensi tinggi layaknya HDD, yakni sekitar 3,7 meter dan panjang 12 meter. Bedanya ada pada bagasinya yang tembus dan tinggi, sehingga bisa memuat lebih banyak barang.

Baca juga: Ini Daftar Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single GlassDOK. ADIPUTRO Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass

Khusus untuk Jetbus MHD yang dipajang pada acara Hino, modelnya sudah single glass. Kemudian bodinya dikelir dengan warna merah dengan livery sederhana ditambah stiker dewa di bagian belakang samping.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bus milik Hino menjadi produk kedua Adiputro yang menggunakan model single glass setelah unit milik PO Juragan 99.

Kabin Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single GlassDOK. ADIPUTRO Kabin Bus Hino RM 280 dengan bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass

"Iya ini jadi yang pertama setelah milik PO Juragan 99," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

Kemudian untuk bagian kabin, diisi dengan bangku buatan Alldila Seats yang disusun 2-2. Selain itu, tidak ada toilet dan sekat yang membatasi ruang pengemudi dengan penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.