Harga Bekas Tembus Rp 200 Jutaan, Ini yang Bikin Honda NSR 150 Spesial

Kompas.com - 04/03/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, ada Honda NSR 150 SP yang dikabarkan terjual dengan harga Rp 200 jutaan. Sebagian orang ragu pada hal tersebut, karena bisa saja itu merupakan trik pedagang untuk menaikkan harga sepeda motor itu.

Di luar dari fenomena tersebut, NSR 150 series memang sudah banyak penggemarnya. Pasalnya, NSR 150 series saat ini bisa dibilang telah menjadi motor hobi.

Sebab, populasinya kini sangat sedikit dan sudah tidak diproduksi lagi. Dengan demikian, harga yang ditawarkan pun relatif tinggi.

Baca juga: Mobil Diesel Zaman Sekarang Pantang Minum Solar Kualitas Rendah

Honda NSR 150 SP tembus di atas Rp 20o jutaanIstimewa Honda NSR 150 SP tembus di atas Rp 20o jutaan

“Kalau harga NSR SP sudah gaib, di atas Rp 200 jutaan. Kalau New RR kurang lebih Rp 100 jutaan,” ujar Tommy Patria, salah satu kolektor Honda NSR 150, kepada Kompas.com (2/3/2022).

Menurut penggawa bengkel Patria Techno, spesialis Honda NSR di Depok ini, ada beberapa hal yang membuat NSR menarik bagi pecinta motor 2 tak.

“Pada zaman awal masuk ke Indonesia, dia udah punya teknologi RC Valve. Orang bingung, apa sih RC Valve? Sedangkan teknologi motor lain masih kovensional,” ucap Tommy.

Baca juga: Update MotoGP Indonesia, Tiket Race Day Hampir Habis

Honda NSR 150RKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda NSR 150R

“Jadi itu adalah penggerak katup, yang tidak digerakkan dengan mekanisme manual, tapi dengan elektronik. Di situ ada cip, ada servo, dan penggeraknya adalah arus listrik, tenaganya dari aki dan kumparan daya,” kata dia.

Tommy juga mengatakan, dulu mekanik awam buta teknologi RC Valve. Kecuali, mekanik tersebut juga spesialis di elektronik.

“Jadi sebenarnya RC Valve bisa diservis kalau rusak, tapi terbatas yang bisa. Kalau dari pabrik sudah tidak produksi, karena di sana jualnya satu unit atau assy,” kata Tommy.

“Jadi harus diakal-akalin. Spare part RC Valve masih ada, cuma kembali lagi ke harga, pasti lumayan mahal,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.